Tuesday, July 7, 2020

UIN Alauddin Tuan Rumah OSKI Kemenag

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI (Kemenag) menetapkan UIN Alauddin Makassar sebagai tuan rumah pertama Olimpiade Sains & Teknologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OSKI) 2019.

OSKI tersebut berlangsung selama tiga hari terhitung 14 hingga 16 November di Hotel The Rhinra Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Jumat, 15 November 2019.

Menurut Direktur PTKI Arskal Salim bahwa kegiatan ini secara khusus bertujuan menjadi wahana ajang kompetisi ilmiah untuk memotivasi sivitas akademika yang ada di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

“Agar mereka melakukan kreatifitas dan mampu mengembangkan potensi keilmuan yang ada di kampus,” ungkap Guru Besar bidang Politik Hukum Islam UIN Jakarta.

Sementara itu, Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Suwendi mengungkapkan tema yang akan diangkat dalam ajang OSKI 2019 yakni peran dan tantangan sains dan teknologi menuju revolusi industri 4.0: sintesis, karakter, dan properti.

Menurut Wendi, olimpiade sains dasar, dikhususkan bagi jurusan biologi, fisika, kimia, matematika, pemrograman dan turunan sains dasar lainnya.

Sedangkan pada lomba karya inovasi bidang ilmu dikhususkan bagi yang memiliki relevansi dengan tema terkait literasi dan inovasi teknologi, nanoteknologi dan produk kesehatan, produk halal dan ketahanan pangan,dan deteksi dan mitigasi bencana.

“Selain itu, tema terkait iklim, limbah, lingkungan dan sumber daya terbarukan serta tema sosial keagamaan,” tambah Suwendi. (FP/Rls)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Tiga Peserta UTBK Berkebutuhan Khusus Ikut Ujian di UNM Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tiga peserta Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dengan berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)...

Pendaftaran UMPTKIN 2020 Ditutup, UIN Alauddin Peringkat Pertama Kampus Paling Diminati

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020 telah resmi ditutup pada Minggu (5/7/2020). Dari...

Pustakawan dan Organisasinya

REFLEKSI HUT IPI KE 47 | 7 JULI 1973 -  7 JULI 2020Oleh: Tulus Wulan Juni (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Kota Makassar)

Dosen Unhas Segera Lakukan Rapid Test, Berikut Jadwalnya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Upaya melakukan pemutusan rantai penularan Covid-19, sebanyak 1.652 dosen Universitas Hasanuddin dari seluruh fakultas dan program studi akan segera...

Dear Mahasiswa, Ini Syarat Penerima Bantuan Keringanan Biaya Kuliah di Masa Pandemi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pemerintah mengeluarkan aturan keringanan uang kuliah tunggal bagi mahasiswa yang terkena dampak Covid-19. Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun...

REKOMENDASI