Wednesday, August 5, 2020

UMI Sediakan Kuota di Fakultas Kedokteran Untuk Mahasiswa Binaan

Konferensi Pers, Pimpinan UMI sebelum memantau Ujian Tes Calon Maba. (Foto - foto: Ahadri/Fajar Pendidikan)
Konferensi Pers, Pimpinan UMI sebelum memantau tes seleksi calon mahasiswa baru. (Foto – foto: Ahadri/Fajar Pendidikan)

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Salah satu yang menjadi perhatian dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini yakni kuota bagi mahasiswa binaan di Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi berjuluk kampus hijau itu.

Pasalanya, di tahun – tahun sebelumnya, jumlah kuota mahasiswa binaan di UMI hanya tersebar di fakultas non Kedokteran (Hukum, Sastra, Ekonomi, Teknik, Teknologi Industri, Agama, Farmasi, Pertanian, Perikanan, Keperawatan, dan Ilmu Komputer).

“Iya, jadi tahun – tahun sebelumnya, mahasiswa binaan itu hanya ada di fakuktas non Kedokteran UMI,” papar Ketua Yayasan UMI, Mokhtar Noer jaya saat ditemui di Ruang Senat UMI, Sabtu (14/7/2018).

“Namun, hari ini, kami menargetkan memberi kuota bagi mahasiswa binaan Kedokteran UMI. Jadi mahasiswa binaan akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan,” sambung Mokhtar.

Berdasarkan penelusuran, kuota untuk mahasiswa binaan di kedokteran UMI hanya berjumlah satu orang.

Sementara untuk mekanisme penerimaan mahasiswa binaan, Ketua Panitia Tes Camaba UMI, Prof Syahnur Said menuturkan, para calon pendaftar mahasiswa binaan terlebih dahulu harus dinyatakan lulus tes seleksi mahasiswa baru.

“Setelah itu dilihat lagi. Intinya yang diprioritaskan untuk desa binaan UMI dan mahasiswa yang kurang mampu,” ungkap Prof Syanur Said.

“Namun sekarang sudah makin diperluas, sudah ada kuota untuk yang bukan desa binaan, bahkan ada juga untuk kuota mahasiswa binaan UMI dari luar negeri,” tutup WR 1 UMI ini.

Pimpinan UMI bersama rombongan memantau jalannya tes seleksi calon mahasiswa baru yang dipusatkan di kampus 2 UMI.
Pimpinan UMI bersama rombongan memantau jalannya tes seleksi calon mahasiswa baru yang dipusatkan di kampus 2 UMI.

Di hari yang sama, UMI juga telah menggelar tes tulis calon mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 di kampus 2 UMI. Dimana tes tertulis yang ditempatkan di semua ruang kelas setiap fakultas di UMI ini diikuti oleh 9.987 calon mahaiswa baru. Sedangkan, UMI hanya menerima mahasiswa tahun ini sebanyak 4.500 mahasiswa.

 

 

Reporter : Ahadri

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Lakukan Kunjungan Kerja ke Perpustakaan Nasional RI

FAJARPENDIDIKAN.co.id - 17 orang Anggota Komisi E Bidang Kesra DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin Ketuanya Ir. H. Rusdin Tabi, M. BA melakukan...

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

Irjen Pol Merdisyam Ditunjuk Jadi Kapolda Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Republik IndonesiaJenderal Idham Azis mutasi Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, digantikan Irjen Pol Merdisyam.Kapolri, Jenderal Idham Azis...

REKOMENDASI