Unibos Fasilitasi Pelatihan Pustakawan di Sulsel Kerja Sama dengan FPPTI

FAJAR Pendidikan

Perpustakaan Pusat Universitas Bosowa (Unibos) Gelar Pelatihan Sertifikasi Pustakawan dan Tenaga Teknis Perpustakaan Tahun 2022.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pelatihan ini bekerjasama antara Perpustakaan Pusat Unibos dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Sulsel yang di ikuti sebanyak 68 peserta dari berbagai daerah, perguruan tinggi, dan institusi yang dilaksanakan di gedung 1 lt 9 Unibos. 12/06/2022.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Vice Rector For Academic and Student Affairs Dr Haeruddin Saleh, SE MSi didampingi kepala perpustakaan pusat Unibos Nanang Hermawan, SIP MIP.

Turut disaksikan Ketua wilayah FPPTI Sulsel Dr Iskandar, SSos MM dan Ketua FPPTI Pusat Mariyah, SSos MHum yang menyaksikan secara daring.

BACA JUGA :   Sukses Wisuda Luring, Rektor UNM :Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan Profesional

Ketua panitia kegiatan pelatihan sertifikasi pustakawan Nanang Hermawan, SIP MIP menjelaskan kegiatan ini untuk melatih dan meningkatkan kompetensi pustakawan yang berada di daerah-daerah sebelum mengikuti sertifikasi.

“Saya berharap dari pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, dan Ketika mengikuti sertifikasi dapat sukses dan dinyatakan berkompeten dalam bidang perpustakaan agar menjadi pustakawan yang baik dan ter-sertifikasi yang di akui secara nasional,” tambahnya.

Ketua wilayah FPPTI Sulsel Iskandar dalam sambutannya mengatakan manfaat sertifikasi untuk mendapat pengakuan dari lembaga organisasi profesi BNSP dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Oleh karena itu, katanya, sebelum mengikuti sertifikasi pustakawan diharapkan mengikuti pelatihan agar ketika mengikuti sertifikasi dapat dinyatakan berkompeten.

BACA JUGA :   Posko 18 PBL III FKM Unhas Adakan Evaluasi Program Pencegahan Stunting dan Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Lebih lanjut ia menjelaskan, manfaat sertifikasi membantu pustakawan dalam regulasi, membantu pustakawan dalam karir-nya, dan meningkatkan kepercayaan diri pustakawan untuk memberi kontribusi pada bangsa.

“Saya sangat berterimakasih kepada Universitas Bosowa (Unibos) yang satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki kampus kembar,” ungkap Iskandar

Selanjutnya Vice Rector For Academic and Student Affairs Dr Haeruddin Saleh, SE MSi dalam sambutannya mengungkapkan peranan pustakawan sangat penting, pustakawan bertanggung jawab atas pengelolaan koleksi, mencari, menghimpun, menyajikan, baik-buku, jurnal, skripsi dan menyebarluaskan informasi terkait referensi yang dibutuhkan oleh pengguna.

“Tugas pustakawan ke-depannya juga sangat penting karena menjaga kualitas perpustakaan dan mendigitalisasi buku-buku yang ada,” ungkapnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI