1 Liter Berapa Kg? Begini Cara Menghitungnya

Satuan liter adalah satuan resmi dari volume yang telah diakui secara resmi di dunia internasional.

Kamu mungkin masih sering bertanya-tanya dan kebingungan mencari tahu 1 liter berapa kg sih. Penulis juga yang kini berusia 30-an masih sulit menghitungnya.

Nah, contohnya ketika menghitung massa beras seperti di warung atau pasar. Banyak penjual yang menyebut “1 liter beras” sedangkan kita lebih pemiliar dengan kata kilogram. Hmm… kira-kira 1 litar berapa kiligram ya?

Pertama, kamu harus kenal dan paham dulu dengan apa yang dimaksud dengan liter dan kg alias kilogram! Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Satuan Liter

Satuan liter adalah satuan resmi dari volume yang telah diakui secara resmi di dunia internasional. Tapi, liter bukanlah satuan volume pada sistem internasional (SI). Kata liter sendiri berasal dari bahasa Perancis, tepatnya “litron”, yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di tahun 1785.

Satuan liter ini juga dapat digunakan untuk mengukur massa. Biasanya untuk mengukur massa benda cair. Makanya kamu pasti sering mendengar istilah liter untuk mengukur massa air botolan atau minyak goreng. Tapi, liter juga bisa digunakan untuk mengukur massa benda padat yang dicairkan.

Satuan Kilogram

Sementara itu, kg atau kilogram adalah satuan yang sudah sangat umum digunakan di dunia. Fungsinya adalah untuk mengukur massa sebuah benda, terutama benda padat. Satuan dasar dari kilogram adalah gram, di mana 1 kg sama dengan 1.000 gram, atau 1 gram sama dengan 0,001 kg.

Oleh karena itu, mengukur berat beras atau benda padat lainnya tentu dilakukan dengan menggunakan satuan kilogram. Jadi, jika ada penjual beras yang menggunakan satuan liter, biasanya penjual tersebut memiliki tabel konversi. Kamu juga bisa menghitung 1 liter berapa kg dengan mengetahui densitas alias massa jenis terlebih dahulu.

Apa Itu Massa Jenis (Densitas)?

Ingat bahwa liter adalah satuan volume, dan kilogram adalah satuan massa. Untuk menghitung 1 liter berapa kg, kamu tidak bisa mengkonversi secara langsung.

Karena itu,  kamu perlu besaran lain sebagai penghubung antara satuan volume dengan berat atau sebaliknya. Besaran inilah yang disebut sebagai massa jenis alias densitas.
Densitas bisa kamu hitung dengan rumus berikut ini:

ρ = m / V

Di mana

  • ρ adalah massa jenis
  • m adalah massa,
  • V adalah volume.

Bagaimana dengan satuannya? Satuannya ini menyesuaikan satuan yang digunakan. Dalam hal 1 liter berapa kg, berarti satuan massa jenisnya adalah kg/liter.

Kemudian, dari rumus massa jenis itu, kamu bisa konversi volume (liter) ke massa (kg) dengan rumus berikut ini:

m = ρ × V

Lalu, bagaimana ya cara hitung 1 liter berapa kg yang lengkap dengan rumus di atas? Coba cek contoh soal berikut ini!

Contoh Soal Konversi Liter Jadi Kilogram

Diketahui beras memiliki massa jenis 1 kg/liter. Kalau begitu, berapa massa untuk 1 liter beras?

Jawab:

m = ρ × V
m = 1 (kg/liter) × 1 liter
m = 1 kg

Dengan begitu, massa 1 liter beras adalah 1 kg.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI