10 Ciri Ciri Hewan Vertebrata yang Menarik untuk Diketahui

Kalau dilihat secara kasat mata, ciri ciri hewan vertebrata sangat mudah dibedakan. Namun, tentu tidak semua orang mengetahui ciri-ciri ini, atau kamu memang benar-benar sedang mencari informasi terkait ini.

Hewan golongan vertebrata secara umum merupakan kategori hewan yang memiliki tulang punggung atau sering disebut tulang belakang. Tulang belakang ini memberikan dukungan struktural untuk tubuh mereka dan melindungi sumsum tulang belakang yang penting.

Kelompok ini sangat beragam, mencakup mamalia, burung, reptil, amfibi, dan ikan. Meskipun mereka berbeda-beda, hewan vertebrata memiliki beberapa ciri khas yang membedakan mereka dari hewan avertebrata

- Iklan -

Lantas apa saja ciri ciri hewan vertebrata yang wajib diketahui? Berikut adalah 10 ciri-ciri menarik yang dimiliki oleh hewan vertebrata:

1. Memiliki Tulang Belakang

Ciri paling mencolok dari hewan vertebrata adalah keberadaan tulang belakang. Tulang belakang ini, juga dikenal sebagai vertebrata, memberikan struktur dan dukungan untuk tubuh. Hal ini memungkinkan hewan untuk tetap berbentuk dan menjaga organ-organ internal mereka dengan baik. Vertebrata juga melindungi sumsum tulang belakang, yang merupakan bagian penting dari sistem saraf.

2. Bentuk Kepala Terdefinisi

Hewan vertebrata umumnya memiliki kepala yang jelas terdefinisi, yang mengandung otak dan organ-organ sensorik seperti mata, telinga, dan hidung. Kepala ini memainkan peran penting dalam pengambilan informasi lingkungan dan koordinasi berbagai fungsi tubuh.

- Iklan -

3. Memiliki Dua Ruang Jantung

Ciri berikutnya, hampir semua hewan vertebrata memiliki jantung yang terdiri dari dua jenis ruang atau bilik yang disebut atrium dan ventrikel. Ini memungkinkan pemisahan sirkulasi darah oksigen dan darah yang telah memberikan oksigen, meningkatkan efisiensi sistem peredaran darah.

Baca Juga:  Pengertian Orde Baru; Ciri-ciri, Kebaikan dan Keburukannya

4. Respirasi dengan Paru-paru atau Insang

Ciri ciri hewan vertebrata lainnya terlihat dari etode respirasi hewan vertebrata yang bervariasi. Mamalia dan burung, misalnya, menggunakan paru-paru untuk mengambil oksigen dari udara, sementara ikan menggunakan insang untuk mengekstrak oksigen dari air. Ini adalah adaptasi penting yang memungkinkan mereka hidup di berbagai lingkungan.

5. Memiliki Kelenjar Getah Bening

Hewan vertebrata, termasuk manusia, dilengkapi dengan sistem kekebalan tubuh yang kompleks untuk melindungi tubuh dari serangan patogen dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu komponen penting dalam sistem ini adalah kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berperan dalam melawan infeksi dan membantu membersihkan cairan tubuh dari zat-zat berbahaya.

- Iklan -

6. Berkembang Biak dengan Ovipar atau Vivipar

Hewan vertebrata dapat berkembang biak dengan bertelur (ovipar) atau melahirkan anak (vivipar). Ini salah satu ciri ciri hewan vertebrata yang dapat terlihat dengan jelas. Ovipar seperti burung dan reptil meletakkan telur yang menetas di lingkungan eksternal, sementara vivipar seperti mamalia memiliki anak yang berkembang di dalam tubuh induk dan lahir dalam kondisi yang lebih matang.

7. Sistem Saraf Bersifat Kompleks

Sistem saraf pada hewan vertebrata sangat maju dan kompleks. Otak, sumsum tulang belakang, dan saraf perifer bekerja sama untuk mengendalikan berbagai fungsi tubuh, termasuk gerakan, persepsi sensorik, dan respon terhadap lingkungan.

Baca Juga:  6 Contoh Negara Maju yang Sering Menjadi Kiblat di Dunia

8. Rongga Badan Tersegmentasi

Sistem saraf pada hewan vertebrata merupakan suatu pencapaian evolusioner yang sangat maju dan kompleks. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja bersama-sama untuk mengendalikan berbagai fungsi tubuh, memungkinkan hewan vertebrata untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka dan menjalani kehidupan yang aktif dan responsif.

9. Kelenjar Adrenal atau Kelenjar Adrenaline

Kelenjar adrenal, yang terletak di atas ginjal pada hewan vertebrata, memainkan peran penting dalam respons tubuh terhadap situasi stres atau berbahaya. Kelenjar ini menghasilkan sejumlah hormon, salah satunya adalah adrenaline, yang memiliki efek dramatis pada tubuh dan memberikan dasar biologis bagi apa yang sering disebut sebagai respons “fight or flight.”

10. Sistem Ekskresi dengan Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi utama pada hewan vertebrata, bertanggung jawab untuk menyaring limbah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sistem ekskresi ini penting untuk menjaga kondisi internal yang sesuai bagi kelangsungan hidup.

Itulah penjelasan tentang 10 Ciri ciri hewan vertebrata yang menarik untuk diketahui. Dengan ciri-ciri unik ini, hewan vertebrata menunjukkan tingkat kompleksitas biologis yang tinggi dan adaptasi yang luar biasa terhadap lingkungan tempat mereka hidup. Dari ikan yang berenang di lautan hingga mamalia yang hidup di darat, keragaman hewan vertebrata memberikan kontribusi besar terhadap keanekaragaman hayati di planet kita.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU