3 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

FAJAR Pendidikan

Manfaat Tidur Siang Saat Puasa untuk Kesehatan Tubuh. Tidur siang singkat saat puasa sangat baik untuk kelancaran ibadah kamu di bulan Ramadhan. Tidak hanya menghilangkan rasa mengantuk, tidur siang singkat juga mendatangkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Normalnya kamu tidur selama 7-8 jam per hari. Namun, saat puasa kamu hanya bisa tidur selama 5-6 jam karena harus bangun untuk makan sahur. Oleh karena itu, kamu harus menyempatkan tidur siang tidak lebih dari 30 menit setiap harinya saat puasa.

Manfaat tidur siang singkat saat puasa sangat baik untuk tubuh. Namun, jangan sampai tidur siang terlalu lama karena dapat memberikan efek buruk pada tubuh. Jika memungkinkan, ambil waktu sejenak untuk tidur siang singkat agar badan kamu tetap bugar.

Berikut dilansir dari lamanĀ  Liputan6.com tentang manfaat tidur siang singkat saat puasa.

Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa

Menghilangkan Rasa Lapar

Manfaat tidur siang singkat saat puasa yang pertama adalah menghilangkan rasa lapar. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), menemukan kurang tidur memicu hormon gherkin (yang membuat kamu ingin makan lebih banyak) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang memberi kamu sinyal saat kenyang).

BACA JUGA :   9 Ciri-ciri Strict Parents yang Perlu Kamu Tahu

Rasa lapar yang datang di siang hari adalah hal yang wajar. Ini terjadi akibat pergeseran ritme sirkadian yang membuat kamu lelah dan ingin makan. Tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi grelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

Menambah Tenaga

Puasa mengharuskan kamu menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, atau lebih lama lagi di beberapa negara tertentu. Saat tubuh merasa lelah, maka jangan ragu untuk tidur siang sejenak. Dengan manfaat tidur siang singkat saat puasa, kamu dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh. Memang lebih baik tidur siang singkat saja bila mungkin atau ketimbang melakukan hal lainnya yang tidak berguna.

Sistem motorik yang kamu gunakan terus selama beraktivitas akan kelelahan sehingga bekerja lebih lambat dan tidak fokus. Tidur siang sebentar saja dapat mengurangi kelelahan motorik ini, Kamu pun bisa kembali bersemangat melakukan aktivitas.

BACA JUGA :   Tahukah Kamu Mengapa Kucing Senang Rebahan di Sampingmu? Ternyata ini Alasannya

Manfaat Tidur Siang Singkat saat Puasa untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat tidur siang singkat berikutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Semua organ di dalam tubuh bekerja sesuai dengan waktunya masing-masing, salah satunya jantung. Saat mengantuk, akan ada peningkatan tekanan darah yang bisa memperberat kerja jantung.

Manfaat tidur siang singkat saat puasa dapat membuat kamu menyediakan waktu bagi jantung untuk beristirahat sejenak. Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau tidur siang singkat baik untuk jantung. Ditemukan juga gangguan tidur pada malam atau siang hari dapat memicu gangguan jantung sebesar 37 persen.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat tidur siang singkat saat puasa berikutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Jarang minum saat puasa membuat bibir pecah-pecah dan kulit menjadi kering. Kulit kering bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Tidur siang membantu memperpanjang regenerasi kulit dan jaringan sehingga membantu kulit kamu tetap lembap dan terlihat lebih segar.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI