Fungsi Tulang Lengan Lengkap Pengertian Dan Susunannya

Fungsi Tulang Lengan Lengkap Pengertian Dan Susunannya
Fungsi Tulang Lengan Lengkap Pengertian Dan Susunannya

Fungsi Tulang Lengan Lengkap Pengertian Dan Susunannya, Tulang lengan manusia merupakan daerah antara pergelangan tangan dan siku dan memiliki otot otot. Tulang lengan terdiri dari potongan-potongan yang bersamaan saat menjalankan tugasnya sebagai alat yang berfungsi dalam berbagai aktifitas manusia.

Dilansir dari laman Materibelajar.co.id, berikut ini penjelasan lengkap dari Fungsi Tulang Lengan Lengkap Pengertian Dan Susunannya.

Pengertian Tulang Lengan

Tulang lengan manusia merupakan daerah antara pergelangan tangan dan siku dan memiliki otot otot. Tulang lengan terdiri dari potongan-potongan yang bersamaan saat menjalankan tugasnya sebagai alat yang berfungsi dalam berbagai aktifitas manusia. Lengan dapat terlihat kuat, serta berbentuk karena terdapat tulang di dalamnya. Apabila tidak ada tulang lengan tersebut, Maka lengan tidak mampu bergerak dengan semestinya / bebas.

Kekuatan pada lengan karena ada struktur tulang yang berdampingan kuat satu sama lain sehingga mampu melakukan tugas berat seperti mengangkat beban, bahkan mendorong suatu benda yang memiliki berat lebih besar dari berat badan individu tersebut.

Susunan dan Fungsi Tulang Lengan

Seperti yang telah dijelaskan bahwa tulang lengan manusia memiliki penyusun yang menjadi satu kesatuan dan saling mempengaruhi satu sama lain untuk dapat menciptakan gerak yang sempurna, susunan dan fungsinya masing masing yakni sebagai berikut.

BACA JUGA :   Rumus Deret Geometri, Pengertian dan Contoh Soal Lengkap

1. Tulang Lengan Atas

Berfungsi sebagai tempat menempelnya otot utama yang menggerakkan siku dan bahu, Tulang lengan yang satu ini berperan penting dalam menciptakan gerak dan bekerja dalam aktifitas fisik seperti Mendorong atau mengangkat beban. Di dalamnya memiliki sendi bola yang menjadikan mampu bergerak bebas disertai beberapa syaraf dan pembuluh darah.

2. Tulang Hasta

Tulang Hasta

Tulang Hasta yakni tulang bekerja sama dengan jari – jari yang berperan dalam memutar pergelangan tangan dan membentuk lengan bawah. Letaknya berlawanan dari lengan bagian bawah dari ibu jari. Tulang ini mempunyai yang ujung besar yang berperan membentuk sendi pada siku, Ketika dalam posisi diam, tulang ini akan membentuk titik yang mana sendi terbentuk sehingga bagian ini rentan terkena sakit sendi yang dapat menyulitkan gerakan pada sendi.

3. Tulang Pengumpil

Tulang Pengumpil

Tulang Pengumpil yakni tulang yang terletak di bagian lengan bawah yang menyambungkan siku dengan tangan di sisi ibu jari. Bentuknya hampir mirip dengan pipa yang semakin membesar ke bawah dan membentuk sendi pergelangan tangan. Pada ujung atasnya terdapat bagian yang sangat khas yakni bentuk tulang yang bulat dan memiliki permukaan bersendi dan memiliki ujung yang tajam. Fungsi dari tulang pengumpil yakni membentuk persendian pergelangan tangan.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Pembelajaran 1 Halaman 123 127 128 129 Subtema 3 Lengkap

4. Tulang Pergelangan Tangan

Tulang Pergelangan tangan

Tulang Pergelangan Tangan yakni bagian yang bersifat fleksibel dan sempit, yang menjadi sambungan antara lengan bawah dan telapak tangan. Bentuknya seperti dua baris kecil, pendek, dan membentuk bagian di sekitar sendi engsel. Fungsinya yakni memberikan gerakan memutar atau gerakan yang bebas agar telapak tangan dan keseluruhannya itu sendiri selalu melekat dengan tulang lengan.

5. Tulang Telapak Tangan

Tulang Telapak Tangan yakni tulang yang membentuk bagian tangan utama pada manusia yang. Fungsinya sebagai penguat dan tempat melekatnya otot untuk mendukung gerakan telapang tangan. Selain itu , tulang ini sebagai pembentuk jari dimana diantaranya terdapat persendian manusia yang membuat jari tangan dapat leluasa bergerak.

6. Tulang Jari Tangan

Tulang Jari Tangan yakni merupakan bagian yang berfungsi sebagai rangka anggota gerak atas untuk pergerakan jari seperti misalnya menyentuh dan memegang suatu benda. Tulang jari tangan dikelilingi oleh otot otot sistem syaraf manusia dan pembuluh darah yang memberikan isi atau menjadikan jari – jari tangan tampak indah dari segi fisik luar.