5 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan

Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah cara tumbuhan berkembang biak dengan bantuan manusia untuk memperbanyak tanaman secara aseksual.  Berikut adalah lima cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan.

Metode ini sering digunakan dalam pertanian dan hortikultura untuk mempertahankan sifat-sifat unggul tanaman.

Seperti diketahui, beberapa tumbuhan berbiji menghabiskan waktu yang lama untuk berbuah. Untuk menyiasati agat tumbuhan cepat berbuah, maka manusia melakukan cara perkembangbiakan vegetatif buatan.

- Iklan -

1. Stek

Stek adalah metode di mana bagian tanaman, seperti batang, daun, atau akar, dipotong dan ditanam untuk menghasilkan tumbuhan baru. Stek batang dan stek daun adalah yang paling umum digunakan.

  • Contoh: Mawar, singkong, dan geranium.

2. Cangkok

Cangkok adalah metode di mana bagian batang tanaman dipilih dan kulitnya dikelupas. Bagian yang terbuka kemudian dibungkus dengan media tanam seperti tanah atau sabut kelapa, lalu dibalut dengan plastik atau bahan lain sampai akar tumbuh. Setelah akar cukup kuat, bagian tersebut dipotong dan ditanam sebagai tanaman baru.

- Iklan -
  • Contoh: Mangga, jambu air, dan rambutan.
Baca Juga:  Ekosistem Air: Pengertian, Komponen, Macam, dan Definisi Ahli

3. Runduk

Runduk adalah metode di mana cabang tanaman ditekuk ke tanah dan ditimbun dengan tanah hingga sebagian cabang tertutup dan akhirnya tumbuh akar. Setelah akar tumbuh, cabang tersebut dipotong dan ditanam sebagai tanaman baru.

  • Contoh: Anggur, apel, dan stroberi.

4. Tempel (Okulasi)

Tempel adalah metode di mana mata tunas dari tanaman unggul ditempelkan pada batang bawah dari tanaman lain. Kedua bagian ini kemudian diikat hingga menyatu dan tumbuh bersama.

  • Contoh: Jeruk, mangga, dan mawar.
Baca Juga:  Jenis-Jenis Batang dan Fungsinya

5. Sambung (Grafting)

Sambung adalah metode di mana batang atas dari tanaman unggul disambungkan pada batang bawah dari tanaman lain. Bagian yang disambung ini diikat hingga menyatu dan tumbuh bersama.

- Iklan -
  • Contoh: Apel, pear, dan anggur.

Perkembangbiakan vegetatif buatan memungkinkan manusia untuk memperbanyak tanaman dengan cepat dan mempertahankan sifat-sifat unggul dari tanaman induk.

Dengan memahami dan menggunakan metode-metode ini, petani dan pekebun dapat meningkatkan produksi dan kualitas tanaman mereka.

Itulah penjelasan mengenai lima cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan.

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU