5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Lolos UTBK SBMPTN 2022

FAJAR Pendidikan

Pengumuman SBMPTN 2022 akan dilaksanakan pada jam 3 sore hari ini, Kamis (23/6/2022). Sebanyak 192.810 peserta dinyatakan lolos. Lalu, apa yang harus dilakukan setelah lolos SBMPTN 2022? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pendaftaran Ulang

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah dinyatakan lolos SBMPTN yaitu melakukan pendaftaran ulang sesuai prosedur yang ditetapkan PTN tujuan. Persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan dari jauh-jauh hari agar proses pendaftaran ulang SBMPTN 2021 berjalan lancar. Umumnya, beberapa dokumen untuk pendaftaran ulang, di antaranya:

  • Bukti Kelulusan SBMPTN

Bukti kelulusan SBMPTN merupakan salah satu syarat kelengkapan berkas pendaftaran ulang. Cetak bukti tersebut dan lampirkan saat pendaftaran ulang nanti.

  • Dokumen Registrasi

Syarat pendaftaran ulang berikutnya adalah dokumen registrasi. Biasanya berupa dokumen kartu peserta SBMPTN, fotokopi KK (Kartu Keluarga), SKL (Surat Keterangan Lulus), fotokopi akta kelahiran, pasfoto terbaru, fotokopi slip gaji orang tua, surat pernyataan sebagai mahasiswa di PTN tujuan, surat perjanjian orang tua sesuai format yang disediakan PTN, dan sebagainya.

Perlu kamu tahu, setiap perguruan tinggi memiliki tanggal-tanggal penting terkait pendaftaran ulang. Mulai dari pengisian data, pengumpulan berkas, penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), hingga pembayaran biaya kuliah. Catat setiap tanggalnya baik-baik dan jangan sampai terlewat agar tidak memengaruhi status kepesertaan kamu sebagai mahasiswa di PTN tersebut.

2. Memenuhi syarat atau ketentuan di PTN tujuan

Langkah selanjutnya, para peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing PTN tujuan. Pemenuhan ketentuan ini menjadi syarat bagi peserta agar benar-benar dinyatakan diterima di PTN tersebut.

BACA JUGA :   Curhat Ibu Guru Sri Rahayu soal Beda Perlakuan Mantan Muridnya yang Jadi Dokter dan Pemotor

Contohnya, ada beberapa program studi yang mensyaratkan peserta tidak boleh buta warna, harus lulusan SMA IPA, lulus tes kesehatan, bebas narkoba, dan lainnya. Apabila kamu tidak memenuhi syarat tersebut, maka status penerimaan sebagai mahasiswa di PTN tersebut bisa gugur. Jadi, pastikan mencermati syarat dan ketentuan yang berlaku, ya.

Sementara itu, bagi peserta KIP Kuliah, kamu juga memerlukan proses verifikasi oleh PTN tujuan. Setelah proses verifikasi PTN tujuan berhasil, barulah status perolehan KIP kuliah, termasuk bantuan dana diberikan.

3. Mempersiapkan Perlengkapan Kuliah

Hal keempat yang perlu kamu lakukan setelah lolos SBMPTN yaitu mempersiapkan perlengkapan kuliah. Sebelum memulai perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan masa orientasi atau pengenalan kehidupan kampus. Biasanya, kamu diminta menggunakan atribut dan mempersiapkan perlengkapan sesuai kebutuhan. Atributnya dapat berupa kemeja putih, celana/rok hitam, almamater kampus, atau atribut lainnya.

Nah, sambil menunggu masa orientasi, ada baiknya kamu mempersiapkan perlengkapan tersebut jauh-jauh hari. Persiapkan juga perlengkapan kuliah lainnya seperti buku, tas, dan alat tulis. Bagi kamu yang kuliahnya merantau, mulailah mencari kos ideal untuk tempat tinggal.

4. Persiapan Mental Menjadi Mahasiswa

Mengapa persiapan mental penting sebelum menjadi mahasiswa? Hal ini bertujuan agar kamu tidak kaget dengan sistem belajar perkuliahan yang berbeda dari sekolah. Di bangku perkuliahan, kamu akan dituntut lebih mandiri. Kamu tidak akan disuapi pembelajaran terus menerus oleh dosen. Harus ada kesadaran penuh untuk menggali materi terkait mata kuliah yang dipelajari. Paham atau tidaknya kamu dengan materi yang disampaikan ada di tangan kamu sendiri.

Selain itu, kamu harus mulai mempersiapkan mental karena tugas-tugas perkuliahan akan sangat banyak sekali. Sebagian tugas tersebut pun harus kamu kerjakan dalam bentuk makalah atau laporan. Oleh karena itu, kamu harus punya mental yang kuat maupun strategi belajar tepat agar tidak menguras tenaga dan pikiranmu selama menjalani proses perkuliahan.

BACA JUGA :   Polemik Penghapusan Honorer, MenPAN-RB : Bukan Secara Massal

5. Mencari Teman dan Grup Angkatan

Umumnya, sebelum masa perkuliahan dimulai, ada grup angkatan mahasiswa baru yang dibuat khusus untuk perkenalan, sekaligus persiapan masa orientasi. Kamu bisa mendapatkan informasi bergabung ke grup angkatan ini dari sosial media PTN tujuan. Bisa juga dari akun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Himpunan Mahasiswa.

Jadwal Daftar Ulang SBMPTN 2022

Sementara itu, bagi peserta yang dinyatakan lulus dalam SBMPTN 2022, wajib melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan dari masing-masing perguruan tinggi.

Jadwal dan ketentuan registrasi ulang akan diinformasikan lebih lanjut oleh masing-masing perguruan tinggi. Pastikan peserta yang diterima, selalu mengikuti atau cek informasi paling update di web perguruan tinggi penerima.

Jika merujuk SBMPTN tahun 2021, link pendaftaran ulang di perguruan tinggi penerima akan ditampilkan di bawah pengumuman. Contoh tulisannya adalah sebagai berikut.

“Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi SBMPTN LTMPT 2021 di PTN X dan Program Studi Y.”

“Persyaratan pendaftaran ulang calon mahasiswa baru dapat dilihat di sini.”

Apabila format pengumuman SBMPTN 2022 masih sama, maka peserta bisa klik kata “di sini” untuk melihat syarat pendaftaran ulang di kampus penerima.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI