5 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Konsumsi buah pepaya secara rutin memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Buah pepaya kaya dengan manfaat. Nah, dari banyaknya jenis buah-buahan, buah apa yang paling kamu sukai?

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh bukan cuma seputar sembelit saja. Buah yang satu ini masih menyimpan keistimewaan lainnya bagi tubuh.

Nah, mau tahu apa saja manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1.Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Untuk enzim papain, enzim ini berada dalam kadar paling tinggi ketika buah pepaya matang. Enzim tersebut membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh.

2.Sistem Imun Makin Prima

Manfaat pepaya lainnya adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E. Sistem kekebalan tubuh sangat membutuhkan vitamain beriku. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.

3.Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengkomsusi pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Pepaya banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

4.Menyehatkan Kulit dan Rambut

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Di samping itu, pepaya juga baik untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

5.Menyembuhkan Luka pada Lapisan Perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka, yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya. Kandungan dari buah pepaya dapat membantu tubuh untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Namun, sebaiknya pepaya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pepaya memang mengandung banyak serat, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Kulit pepaya juga mengandung lateks, yang bisa mengiritasi lambung bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI