5 Perpaduan Bahan Alami Untuk Meluruskan Rambut

Anda bisa menemukan banyak pelurus rambut yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba bahan alami untuk meluruskan rambut Anda.

Tidak perlu khawatir, langkah yang perlu Anda lakukan memakai bahan alami untuk meluruskan rambut Anda cukup mudah, kok. Pelurus dengan bahan dasar kimia berisiko membuat rambut Anda rusak. Namun, itu tadi, hal itu bisa Anda hindari dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Selain membuat rambut lurus, bahan alami juga mampu menutrisi rambut dengan baik. Beberapa bahan alami yang bisa Anda pakai adalah santan, lemon, telur, minyak zaitun, madu, dan susu. Anda tak perlu khawatir karena bahan-bahan tersebut mudah didapat dan digunakan.

- Iklan -

1. Telur dan minyak zaitun

Pelurus rambut selanjutnya bisa Anda buat dengan memanfaatkan telur dan minyak zaitun. Telur mengandung banyak protein yang dapat melembutkan rambut. Saat dikombinasikan dengan minyak zaitun, rambut Anda akan menjadi lebih mudah untuk ditata.

Baca Juga:  Begini Cara Berikan Edukasi Seks Pada Anak dengan Autisme

Pertama, aduk 2 butir telur dan 3 sdm minyak zaitun hingga benar-benar tercampur. Setelah itu, aplikasikan pada seluruh area rambut kemudian diamkan dulu selama 60 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan sampo bebas sulfat.

2. Lidah buaya dan minyak zaitun

Lidah buaya mudah masuk ke rambut Anda sehingga rambut menjadi lebih gampang untuk ditata. Untuk memakainya, Anda perlu mencampur lidah buaya dengan minyak zaitun terlebih dahulu. Aplikasikan ke kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap selama 1 jam. Kemudian, bersihkan dengan sampo.

- Iklan -

3. Santan dan lemon

Mengutip dari Stylecraze, santan dan lemon bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut. Kandungan vitamin C dari bahan tersebut juga mampu menjaga kesehatan kulit kepala. Dengan memakainya secara rutin, rambut akan terlihat lebih lembut dan mudah diatur.

Caranya, campur ¼ gelas santan dengan 1 sdm air lemon lalu masukkan campuran itu ke kulkas selama semalaman. Di pagi hari, gunakan masker dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan dulu selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga:  Tips Hindari Pinjol Ilegal

4. Pisang dan pepaya

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, pisang dan pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai pelurus rambut. Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah. Hancurkan pisang dan pepaya dengan ukuran yang sama sampai benar-benar lembut.

- Iklan -

Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan diamkan dulu selama 45 menit atau sampai masker mengering. Selanjutnya, bilas dengan sampo dan air. Anda bisa melakukan cara tersebut sebanyak satu kali dalam seminggu.

5. Susu dan madu

Stylecraze merekomendasikan susu dan madu untuk meluruskan rambut Anda. Selain membuat rambut lurus dan mudah ditata, bahan-bahan alami tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau.

Anda perlu mencampur ¼ gelas susu dengan 2 sdm madu terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan susu dan madu yang sudah teraduk rata pada seluruh bagian rambut kemudian diamkan selama dua jam. Selanjutnya, bilas dengan air dan sampo.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU