- Advertisement -

7 Jenis Buah Kurma, Apa yang Paling Nikmat dan Sering Kamu Konsumsi

Kebanyakan orang Indonesia mungkin sudah akrab dengan buah kurma. Buah dengan rasa manis legit ini sangat di cari-cari terutama saat bulan puasa.

Sebetulnya ada ribuan varietas kurma di dunia ini. Namun secara umum, di kelompokkan ke dalam tiga kategori utama, yaitu lunak, semi-lunak, dan kering. Beda kategori ini di dasari oleh lamanya waktu panen di pohon.

Berikut adalah beberapa jenis kurma yang paling terkenal di dunia:

Medjool

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Nama Medjool mungkin yang paling terdengar familier di telinga kita. Nama lain Medjool adalah kurma Cadillac. Warna buah ini cenderung coklat kemerahan saat matang dan kering.

Buahnya paling besar dan berdaging lebih tebal ketimbang yang lain. Namun meski tebal, tekstur dagingnya lunak lembut seperti bantal dan sedikit berserat ketika digigit. Rasanya juga legit, tidak terlalu manis.

BACA JUGA:  6 Ciri-ciri Penyakit Paru-paru Basah

Thoory

Kurma Thoory berasal dari Aljazair. Thoory adalah jenis kurma kering yang memiliki tekstur kulit kencang dengan daging kenyal.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kurma Thoory juga sering disebut sebagai “kurma roti” karena tekstur dagingnya yang kenyal seperti kue. Rasa buah kering ini tidak terlalu manis, tapi cenderung legit dan gurih seperti kacang.

Barhi

Kurma Barhi (Barhee) berukuran sedang dengan kulit yang tipis dan daging yang lunak lembut.

Barhee yang matang sempurna dikatakan memiliki tekstur dan rasa seperti puding karamel. Buah ini bahkan bisa dimakan dalam keadaan setengah matang. Tekstur dan rasanya mirip seperti apel, renyah dan sedikit asam.

Barhi adalah jenis lunak yang biasanya dimakan langsung segar. Jarang dipasarkan dalam keadaan kering keriput.

Zahidi

Zahidi berasal dari Iran yang berjenis lunak. Buah ini juga di sebut sebagai “Kurma Bangsawan”.

BACA JUGA:  5 Cara Sederhana Menyehatkan Paru-Paru
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ciri-cirinya, buah ini punya biji yang besar dan dagingnya renyah berserat. Zahidi juga terkadang di kenal sebagai “Kurma Mentega” karena warnanya yang pucat dan rasanya yang halus.

Zahidi memiliki rasa manis legit seperti selai kacang, kadang dengan sedikit aroma kecut yang mengingatkan kita pada buah aprikot.

Buah jenis ini sering di gunakan dalam campuran kue, manisan, dan bahkan untuk di proses menjadi gula pemanis.

Deglet Noor

Kurma Deglet noor adalah contoh utama dari kategori semi-lunak.

Deglet Nour asli asal Tunisia memiliki tekstur kulit yang halus lembut dan daging yang kenyal, dengan warna kuning keemasan hampir transparan.

Rasanya pun lembut seperti madu. Keunikannya membuat kurma ini juga biasa di sebut sebagai “Royal Dates” dan “Ratu dari Segala Kurma”.

Bagikan

BACA JUGA:

7 Posisi Bercinta yang Disukai Wanita, Siap Mencoba?

Setiap pasangan menginginkan kualitas hubungan seksual yang berkualitas. Namun ternyata, wanita memiliki kesukaan gaya berhubungan yang jarang mereka ungkapkan kepada pasangannya. Melakukan posisi atau gaya...

6 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Berikut Amalannya

Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Berikut Amalannya. Mendapatkan malam Lailatul Qadar adalah dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Menghidupkan amalan-amalan saleh di detik-detik ramadhan...

Cara Bayar TIX ID Lewat DANA, Kini Makin Mudah

Cara bayar TIX ID lewat DANA kini makin mudah. Kini beberapa platform aplikasi bekerja sama dengan pelaku usaha industri pemutaran film seperti Cinema 21...

Mengenal Virus Covid-19

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus corona yang baru ditemukan. Virus ini adalah virus baru dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadinya...

6 Manfaat Apel untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Setiap Hari

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Apel  atau dalam bahasa Inggris disebut apple adalah salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Buah yang...

POPULER