Al-Haitam Sang Penemu Kamera Obscura

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Kamera Obscura adalah awal dari kecanggihan masa kini dalam dunia fotografi yang ditemukan oleh seorang muslim bernama Al-Haitam atau sering disebut Alhazen. Peradaban dunia telah banyak berubah melalui kamera.

Karena kamera adalah penemuan penting yang mampu mengubah dunia. Lewat jepretan kamera kita semua dapat mengabadikan momen-monem indah di dunia, hal-hal penting maupun tidak penting di dunia.

BACA JUGA :   Burhanuddin Raih Hadiah Umroh Saat Ikut Acara IKAJOSS Fun Bike 2022

Awalnya Al-Haitam melakukan experimen pada ruang gelap (kamar kecil) dengan titik lubang agar cahaya masuk, kemudian menyimpan bayangan yang terbayang masuk oleh cahaya tersebut kedalam. Di dalam alat sudah disediakan media untuk menyimpan bayangan tersebut.

Pada saat itu, istilah yang digunakan untuk penamaan kamera adalah Qumroh yang diadopsi dari bahasa Arab yaitu Qomar yang berarti bulan. kata Qomar ini digunakan karena cahaya yang diprokyeksikan dalam kamar gelap adalah cahaya bulan.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kreativitas, IGTKI Sinjai Gelar Lomba Menggambar

Sedangkan kamar gelap atau ruang gelap pada saat tu dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Kamera Obscura, inilah yang menjadi cikal bakal kamera-kamera canggih yang ada pada saat ini, yang dari masa ke masa terus berkembang.(*)

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA