Apa itu Sistem Rangka Manusia, Fungsi dan Bagian-Bagiannya?

Sistem rangka manusia memberi bentuk pada tubuh manusia dan menjaga organ-organ tetap berada di tempatnya. Dalam istilah yang paling sederhana, sistem rangka manusia adalah struktur pendukung paling penting bagi tubuh Anda. Namun, itu lebih dari sekadar kerangka dan tulang-tulang Anda.

Pengertian Sistem Rangka

Sistem rangka adalah kerangka atau struktur tubuh manusia yang terdiri dari tulang, otot, sendi, dan jaringan terkait lainnya. Sistem ini memberikan bentuk pada tubuh, mendukung berat tubuh, melindungi organ-organ vital, memungkinkan gerakan, dan berperan dalam produksi sel darah serta penyimpanan mineral.

Dalam istilah yang lebih luas pengertian sistem rangka adalah sistem rangka mencakup semua komponen yang terlibat dalam fungsi mekanis tubuh manusia, termasuk tulang, otot, ligamen, tendon, dan berbagai jenis jaringan penghubung lainnya.

- Iklan -

Sistem rangka Anda juga mencakup jaringan penghubung yang membantu Anda tetap terdukung dan aman saat Anda bergerak dan diam. Ini termasuk otot-otot yang membantu Anda bergerak dan membuat sel darah baru yang menjaga kesehatan Anda. Sistem rangka juga disebut sistem muskuloskeletal.

Baca Juga:  Apa itu Organisme? Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya?

Fungsi Sistem Rangka

Sistem rangka memiliki beberapa pekerjaan, beberapa di antaranya lebih mudah dilihat dan dirasakan daripada yang lain. Namun, semuanya penting bagi tubuh dan kesehatan Anda. Fungsi utama sistem rangka Anda meliputi:

  • Memberi bentuk tubuh Anda: Kerangka Anda mendukung berat tubuh Anda. Ini juga merupakan penahan untuk semua jaringan yang terhubung dengannya.
  • Membantu Anda bergerak: Sendi-sendi, jaringan penghubung, dan otot-otot Anda semua bekerja sama untuk mendorong dan menarik bagian tubuh Anda setiap kali Anda bergerak.
  • Melindungi organ-organ Anda: Kerangka manusia seperti baju besi yang terpasang untuk organ-organ di seluruh tubuh Anda. Tengkorak Anda melindungi otak Anda, tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru Anda, dan vertebra dalam tulang belakang Anda menjaga agar sumsum tulang belakang Anda tetap aman.
  • Membuat sel darah baru: Sumsum tulang di tengah-tengah beberapa tulang Anda menghasilkan sel darah merah dan sel darah putih baru yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat.
  • Menyimpan mineral: Tulang-tulang Anda menyimpan pasokan mineral penting seperti kalsium dan vitamin D.
Baca Juga:  Klasifikasi Hewan Insektivora: Ciri-Ciri dan Contohnya

Bagian-Bagian Sistem Rangka

Jika Anda membayangkan sistem rangka Anda, Anda mungkin memikirkan kerangka plastik yang digunakan guru sains Anda untuk dipajang di kelas mereka. Itu memang berisi semua tulang Anda, tetapi sistem rangka Anda memiliki banyak jaringan lainnya juga. Sistem rangka Anda terdiri dari:

  • Tulang: Tulang adalah bentuk dukungan struktural utama tubuh Anda. Orang dewasa memiliki antara 206 dan 213 tulang di tubuh mereka.
  • Otot: Otot terbuat dari serat-serat yang teranyam rapat dan fleksibel. Anda memiliki lebih dari 600 otot di tubuh Anda yang membantu Anda melakukan segala hal mulai dari berjalan, berlari, dan melompat hingga bernapas dan mencerna makanan.
  • Kartilago: Kartilago adalah jaringan kuat dan fleksibel yang bertindak seperti penyerap kejut di sendi-sendi di seluruh tubuh Anda.
  • Ligamen: Ligamen adalah pita-pita jaringan yang menghubungkan tulang-tulang satu dengan yang lain.
  • Tendon: Tendon adalah tali-tali yang menghubungkan otot-otot dengan tulang.
  • Sendi: Sendi adalah tempat dua tulang bertemu. Ini berisi beberapa (atau semua) bagian yang disebutkan di atas.
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU