Mengenal Sistem Organ Pada Manusia

Tiap makhluk hidup memiliki organ-organ yang tentu memiliki beragam fungsi. Organ-organ tubuh yang bekerja bersama-sama untuk menjalankan fungsi tertentu, dan memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi, disebut sebagai sistem organ.

Sistem ini terdiri dari berbagai jenis organ dengan struktur dan fungsi khusus. Setiap sistem organ saling bergantung satu sama lain, tanpa kerjasama organ lainnya, proses tersebut tidak akan terjadi di dalam tubuh.

Sistem organ pada manusia merupakan kumpulan organ yang saling mendukung dan bekerja sama untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal. Kesehatan tubuh manusia sangat ditentukan oleh baik atau buruknya fungsi sistem organ ini. Berikut adalah penjelasan tentang beberapa sistem organ yang ada pada manusia.

- Iklan -

Sistem Pernapasan

Respirasi adalah sistem yang berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara lingkungan eksternal dan tubuh manusia. Para peneliti menemukan bahwa terdapat sepuluh organ pernapasan dalam tubuh manusia yang bekerja setiap hari.

Kerusakan pada salah satu organ ini dapat mengganggu proses pernapasan. Urutan saluran pernapasan manusia yang benar adalah sebagai berikut: rongga hidung – faring – laring – trakea – bronkus – bronkiolus – alveolus – paru-paru (pulmo).

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah rangkaian organ yang bertugas untuk mencerna makanan, menyerap nutrisi, dan membuang sisa-sisa yang tidak dibutuhkan. Anatomi sistem pencernaan meliputi sejumlah organ tubuh, dari mulut hingga anus.

- Iklan -

Setiap organ pencernaan ini bekerja dengan memproses makanan, menghaluskannya, menyerap nutrisi, dan mengeluarkan sisa limbah dari proses pencernaan.

Baca Juga:  CONCESSIVE CLAUSE : Pengertian, Jenis dan fungsi

Dalam menjalankan fungsinya, sistem pencernaan dikendalikan oleh sistem saraf, aliran darah, dan hormon-hormon dalam tubuh. Enzim-enzim juga membantu dalam mengoptimalkan proses penguraian makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil.

Urutan sistem pencernaan pada manusia dimulai dari mulut, kerongkongan, esofagus, lambung, usus halus yang juga melibatkan pankreas dan hati, usus besar, rektum, hingga anus. Setiap organ dalam sistem pencernaan memiliki peran khusus dalam mengolah dan mencerna makanan.

- Iklan -

Sistem Transportasi

Sistem transportasi pada manusia dikenal juga sebagai sistem peredaran darah. Sesuai namanya, sistem transportasi manusia terdiri dari organ-organ yang bertanggung jawab atas pengangkutan oksigen, sirkulasi darah, dan pernapasan.

Fungsi sistem transportasi bagi tubuh sangatlah penting. Salah satunya adalah menjaga agar sel-sel manusia tetap mendapatkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan.

Sistem organ transportasi terdiri dari organ-organ yang berperan dalam membawa dan mengedarkan oksigen, darah, air, serta sari makanan yang terdiri dari molekul-molekul organik seperti glukosa. Organ-organ yang terlibat dalam sistem ini meliputi jantung, arteri, vena, pembuluh limfatik, dan kelenjar limfatik.

Sistem Gerak

Sistem gerak pada manusia merujuk pada struktur kerangka dan tubuh yang memungkinkan manusia untuk bergerak sesuai keinginannya. Tubuh manusia terdiri dari kerangka, kulit, dan jaringan otot yang berfungsi sebagai alat gerak pasif sekaligus memberikan perlindungan bagi organ dalam tubuh.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 7 :Section 3 Halaman 177 Kurikulum Merdeka

Selain itu, rongga di dalam kerangka juga berperan dalam pembentukan sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah. Kerangka tubuh membantu dalam gerakan manusia. Misalnya, kaki digunakan untuk berlari, berjalan, dan melompat, sementara tulang lengan berfungsi untuk mengangkat, melempar, memegang, dan memukul.

Sistem koordinasi

Pada manusia, sistem koordinasi terdiri dari tiga sistem organ, yaitu sistem saraf, sistem hormon, dan sistem indra. Sel saraf adalah komponen utama dalam penyusunan sistem koordinasi. Melalui sel saraf, rangsangan yang diterima oleh reseptor akan dikirimkan ke otak atau sumsum tulang belakang untuk diproses.

Sistem Ekskresi

“Sistem ekskresi pada manusia melibatkan beberapa organ yang bekerja bersama-sama untuk mengeluarkan limbah dari tubuh. Organ-organ ini meliputi ginjal, ureter, kandung kemih, hati, usus besar, kulit, dan paru-paru.” Sistem ekskresi adalah salah satu sistem yang krusial bagi kesehatan manusia.

Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi adalah sekumpulan organ dan struktur dalam tubuh yang bertugas menghasilkan keturunan atau melakukan reproduksi. Pada wanita, sistem reproduksi melibatkan labia majora, labia minora, klitoris, vagina, rahim, tuba falopi, dan ovarium, yang bekerja bersama untuk menjalankan fungsinya.

Sementara itu, pada pria, sistem reproduksi mencakup alat kelamin luar (penis, testis, dan skrotum) serta bagian dalam seperti kelenjar prostat, vas deferens, dan uretra. Kesuburan dan ciri-ciri seksual seseorang sangat bergantung pada fungsi normal sistem reproduksi mereka, serta hormon yang dihasilkan oleh otak.

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU