Arti Gong Xi Fa Cai Sebenarnya Bukan Selamat Tahun Baru, Lalu Apa?

FAJAR Pendidikan

Gong Xi Fa Cai”, kalimat yang selalu diucapkan ketika tahun baru imlek. Mayoritas orang Indonesia menganggap Gong Xi Fa Cai artinya dengan selamat tahun baru.

Padahal sebenarnya Gong Xi Fa Cai artinya bukan selamat tahun baru. Nah, supaya tidak salah lagi, inilah arti Gong Xi Fa Cai yang sebenarnya. Mari simak bersama!

Ucapan Gong Xi Fa Cai memang menjadi populer di Indonesia. Pasalnya, mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia berprofesi sebagai pebisnis, di mana mereka saling mendoakan dengan kerabat dan sanak saudara agar bisnis yang dijalani makin sukses. Orang-orang zaman dulu salah sangka dengan ucapan ini, hanya karena lebih sering terdengar dibandingkan kalimat selamat tahun baru itu sendiri. Lantas, Gong Xi Fa Cai artinya apa?

Arti Gong Xi Fa Cai

Secara harfiah, arti Gong Xi Fa Cai berarti “semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah”. Doa dan pengharapan yang biasa disampaikan oleh orang-orang Tionghoa untuk dirinya sendiri atau kerabat mereka.

BACA JUGA :   4 Negara di Dunia Ini yang Memiliki Hari Libur Terbanyak

Menjelang perayaan Imlek, dekorasi serba merah dan pernak-pernik khasnya, serta tulisan “Gong Xi Fa Cai” memang tersebar di mana-mana. Jadi, tidak heran kalau banyak yang menyangka arti Gong Xi Fa Cai adalah selamat tahun baru.

Kalau ingin mengucapkan selamat tahun baru, maka ucapan yang tepat adalah “Xin Nian Kuai Le”. Secara harfiah, kalimat inilah yang memiliki arti selamat tahun baru, di mana dalam Bahasa Kanton biasa diucapkan sebagai Sun Leen Fai Lok.

Kalau ingin membagikan ucapan selamat tahun baru Imlek, berikut ini ada beberapa contohnya:

  • Gong he xin xi, wan shi ru yi, yang artinya: harapan terbaik dan kebahagiaan untukmu memasuki Tahun Baru.
  • Zhu nin xin de yi nian kuai le xing fu, yang artinya: semoga kamu bahagia dan makmur sepanjang tahun.
  • Shi ye cheng gong, jia ting mei man, yang artinya: semoga kariermu sukses dan keluargamu bahagia.
  • Sui sui ping an, yang artinya: Damai dan aman menyertaimu selalu.
  • Yuan xin nian wei ni dailai kuai le, you ai he ningjing, yang artinya: semoga Tahun Baru membawakanmu bahagia, cinta, dan damai.
  • Yuan kuai le xingfu yong ban ni zuoyou, yang artinya: semoga gembira dan bahagia mengelilingimu hari ini dan selamanya.
  • Yuan xinnian de kuai le yi nian siji chang zai, yang artinya: semoga kegembiraan Tahun Baru selalu bersamamu sepanjang tahun.
BACA JUGA :   4 Negara di Dunia Ini yang Memiliki Hari Libur Terbanyak

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI