Mengenal Burung Merpati, Simbol Perdamaian Mitologi Yunani

Merpati adalah spesies burung yang dikenal manusia. Merpati tidak hanya hewan peliharaan yang populer, tetapi juga dapat digunakan sebagai hewan hias atau untuk kompetisi. Dan tidak hanya itu: tahukah Anda bahwa burung merpati juga dikenal sebagai simbol perdamaian?

Mari kita lihat mengapa merpati adalah simbol perdamaian. Namun sebelum itu, berikut adalah 7 fakta tentang merpati yang perlu Anda ketahui, diambil dari website Pet Keen:

Merpati mudah dirawat

Jika Anda ingin memelihara atau mengadopsi burung, Anda tidak perlu berpikir dua kali jika itu adalah burung merpati. Mengapa? Karena merpati adalah hewan yang luar biasa. Merpati memiliki sifat yang baik, lembut dan mudah dirawat.

- Iklan -

Selain itu, merpati adalah spesies sosial dan hidup berpasangan atau berkelompok. Jadi jika merpati memilih untuk memelihara merpati, mereka harus berkomitmen karena merpati harus berada di sekitar makhluk hidup lainnya.

Merpati digunakan untuk mengirim pesan

Istilah “surat merpati” mengacu pada penggunaan merpati untuk menyampaikan pesan. Tidak hanya itu, lambang Pos Indonesia juga menggunakan burung merpati sebagai lambangnya. Lalu mengapa? Ini karena merpati memiliki kemampuan alami untuk menemukan jalan pulang.

Baca Juga:  8 Sungai Terpanjang di Dunia, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?

Namun, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tentang bagaimana merpati berbakat tahu ke mana harus pergi dan bagaimana menemukan jalan pulang.

- Iklan -

Cara minum merpati berbeda

Merpati adalah salah satu dari sedikit burung yang minum dengan cara menyedot air, menyedotnya, lalu membiarkannya menetes ke tenggorokannya. Selain itu, merpati bisa minum air sepanjang hari dalam 20 detik.

Merpati memiliki posisi tidur yang unik

Merpati berbeda dari kebanyakan spesies burung lainnya karena mereka menyelipkan kepala ke bahu. Sementara itu, merpati tidur di malam hari dengan meletakkan kepala di dekat tubuh di antara bahu.

Sayap merpati mengeluarkan suara keras

Lepas landas dan mendarat, burung merpati dengan cepat mengepakkan sayapnya. Udara yang mengalir melalui bulu mereka membuat mereka bergetar dan terdengar seperti kazoo

- Iklan -

Sebuah majalah bernama Flights of Pelon: Peluit sayap mekanis Mae Hingee dan Robert D. Magrath membunyikan alarm pada sekawanan burung dengan membandingkan suara sayap merpati saat lepas landas selama penerbangan rutin dengan suara predator terdekat saat lepas landas.

Studi ini menunjukkan bahwa burung merpati bersuara lebih keras dan lebih cepat saat sayapnya terbuka untuk mengingatkan burung lain bahwa ada mangsa yang waspada di dekatnya.

Baca Juga:  6 Gunung Tertinggi di Dunia yang Paling Menantang Bagi Para Pendaki

Merpati terbang sangat cepat

Burung merpati memiliki ekor dan sayap yang panjang, apalagi burung merpati jenis ini bisa terbang dengan sangat cepat, hingga 55 mil per jam lho!

Merpati digunakan sebagai banyak simbol

Merpati menjadi banyak simbol, termasuk kedamaian, cinta, dan kebebasan. Misalnya, burung merpati dilepaskan pada pesta pernikahan karena melambangkan kedamaian dan kesetiaan. Selain itu, merpati bersifat monogami, yang mencerminkan ikatan timbal balik pasangan tersebut.

Merpati sebagai simbol perdamaian

Situs web History Press menyatakan bahwa merpati telah menjadi simbol perdamaian selama ribuan tahun. Dalam mitologi Yunani kuno, burung merpati melambangkan cinta dan pembaharuan hidup. Selain itu, burung merpati di Jepang juga menjadi simbol berakhirnya perang.

Sudah pada tahun 1949, Pablo Picasso menjadikan merpati sebagai simbol perdamaian modern ketika dipilih menjadi simbol Kongres Perdamaian Dunia. Menurut Psych News Daily, merpati adalah makhluk lembut yang tidak menyerang hewan lain. Maka tak heran jika burung merpati dijadikan simbol perdamaian.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU