Article dan Determiner, Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Artikel dan Determiner atau yang lebih sering disebut Kata imbuhan dalam bahasa Indonesia adalah salah satu bagian dari Parts Of Speech. Berikut penjelasan mengenai Pengertian Artikel dan Determiner, Fungsi Artikel dan Determiner, dan Contoh kalimat yang mengandung Artikel dan Determiner

Pengertian Artikel dan Determiner

Artikel dan determiner adalah bagian dari tata bahasa dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menentukan atau menunjukkan spesifikasi atau kuantitas suatu kata benda dalam kalimat. Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing:

  1. Article (Artikel): Artikel adalah kata-kata kecil yang digunakan sebelum kata benda untuk menunjukkan apakah kata benda tersebut spesifik atau umum. Dalam bahasa Inggris, ada dua jenis artikel: “the” (artikel tertentu) dan “a” atau “an” (artikel tak tentu).
    • Artikel Tertentu (“the”): Digunakan sebelum kata benda untuk menunjukkan bahwa kata benda tersebut sudah diketahui atau telah disebut sebelumnya. Contoh: “The cat is on the roof.” (“Kucing itu ada di atap.”)
    • Artikel Tak Tentu (“a” atau “an”): Digunakan sebelum kata benda untuk menunjukkan bahwa kata benda tersebut adalah salah satu dari banyak yang mungkin. Contoh: “I saw a dog in the park.” (“Saya melihat seekor anjing di taman.”)
  2. Determiner (Penentu): Determiner adalah kata atau frasa yang mendahului kata benda untuk memberikan informasi tambahan tentang kata benda tersebut, seperti jumlah, kepemilikan, atau jarak dalam ruang atau waktu. Determiner bisa berupa artikel (the/a/an), kata ganti kepemilikan (my/your/his/her/its/our/their), kata ganti penunjuk (this/that/these/those), dan kata ganti jumlah (some/any/many/few).
    • Contoh dengan artikel: “The cat is on the roof.” (“Kucing itu ada di atap.”)
    • Contoh dengan kata ganti kepemilikan: “My cat is on the roof.” (“Kucing saya ada di atap.”)
    • Contoh dengan kata ganti penunjuk: “This cat is on the roof.” (“Kucing ini ada di atap.”)
    • Contoh dengan kata ganti jumlah: “Some cats are on the roof.” (“Beberapa kucing ada di atap.”)
Baca Juga:  News Item Text : Pengertian, Tujuan dan Struktur

Artikel dan determiner membantu memberikan informasi tambahan tentang kata benda dalam kalimat, yang penting untuk memahami makna dan konteks kalimat secara keseluruhan.

- Iklan -

Fungsi Artikel dan determiner

Fungsi artikel dan determiner dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Spesifisitas atau Kekaburan: Artikel, baik itu artikel tertentu (“the”) maupun artikel tak tentu (“a” atau “an”), membantu menentukan apakah kata benda yang diikuti adalah spesifik atau umum. Artikel tertentu digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang sudah diketahui atau telah disebutkan sebelumnya, sedangkan artikel tak tentu digunakan untuk merujuk kepada sesuatu yang tidak spesifik atau belum diketahui.
    • Contoh: “The cat” (Kucing itu) menunjukkan bahwa kita bicara tentang kucing tertentu yang sudah diketahui, sedangkan “a cat” (sebuah kucing) menunjukkan bahwa kita bicara tentang kucing secara umum atau tidak spesifik.
  2. Memberikan Informasi Tambahan: Determiner, seperti kata ganti kepemilikan, kata ganti penunjuk, dan kata ganti jumlah, memberikan informasi tambahan tentang kata benda yang diikuti. Mereka dapat menunjukkan kepemilikan, menentukan objek yang diacu dalam konteks tertentu, atau memberikan informasi tentang jumlah atau kuantitas suatu objek.
    • Contoh: “My cat” (Kucing saya) menunjukkan kepemilikan, “this cat” (Kucing ini) menunjukkan objek yang dekat dengan pembicara, dan “some cats” (Beberapa kucing) menunjukkan jumlah atau kuantitas objek.
  3. Membantu Klarifikasi dan Pemahaman: Artikel dan determiner membantu menyampaikan informasi yang lebih jelas dan spesifik dalam komunikasi. Mereka membantu pendengar atau pembaca untuk memahami konteks dan makna kalimat dengan lebih baik.
    • Contoh: “The cat on the roof” (Kucing yang ada di atap) memberikan informasi yang lebih spesifik daripada hanya “cat on the roof” (kucing di atap), yang mungkin membuat pendengar bertanya-tanya tentang kucing mana yang dimaksud.
Baca Juga:  50 contoh kalimat yang mengandung artikel dan determiner, Yuk Disimakk!!

Dengan demikian, artikel dan determiner berperan penting dalam pembentukan kalimat yang jelas dan efektif dalam bahasa Inggris.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU