Sunday, June 7, 2020

Pupuk Jiwa Entrepreneur, Mahasiswa Akuntansi PNUP Gelar Expo Kewirausahaan

- Advertisement -

Makassar, FajarPendidikan.co.id  – Ratusan mahasiswa jurusan akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ikut ambil bagian di acara expo kewirausahaan yang digelar di pelataran gedung jurusan akuntansi kampus I PNUP, Kamis, 17 Januari 2019. Mereka mengisi sebanyak 40 stand yang telah disiapkan sebagai salah satu cara untuk melatih mahasiswa menjadi entrepreneur. Usaha kewirausahaan yang dipamerkan bervariasi seperti makanan, minuman, photobooth, dan lain sebagainya.

Saat membuka expo kewirausahaan, Ir Muhammad Anshar, Ph D., selaku Direktur PNUP berharap agar kegiatan ini bisa mengasah jiwa dan kemampuan berwirausaha mahasiswa untuk semakin tertarik menciptakan lapangan kerja sendiri. “Apalagi mereka telah mendapatkan pengetahuan terkait kewirausahaan sehingga tinggal bagaimana diaplikasikan secara mandiri,” ucap Anshar dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Akuntansi PNUP, Dr Bahri, M Si., mengatakan bahwa expo kewirausahaan telah menjadi kegiatan tahunan mahasiswa di jurusan akuntansi. Tahun ini peserta expo kewirausahaan diikuti sebanyak 164 mahasiswa yang terbagi menjadi 40 stand. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti 144 mahasiswa yang terbagi menjadi 36 stand.

Selain sebagai praktikum untuk implementasi program mata kuliah kewirausahaan, kata Bahri, expo ini juga secara langsung akan memupuk ide dan kreativitas mahasiswa untuk mencari dan menciptakan sendiri jenis usaha yang berpeluang untuk mendatangkan pembeli yang banyak dan menghasilkan untung yang besar.

“Para mahasiswa akuntansi PNUP yang mengikuti expo kewirausahaan telah mendapat semacam pembimbingan mengenai strategi penjualan, pemasaran, dan kiat menggaet pembeli. Mereka juga dibekali bagaimana cara membuat jurnal harian yang memuat modal, aktivitas, dan keuntungan selama mengikuti expo,” jelas Bahri.

Setiap kelompok wajib menampilkan bisnis model yang dipajang di depan stand masing-masing. Bisnis model itu mencantumkan sejumlah instrumen penunjang usaha yang sedang dilakukan seperti segmentasi konsumen, pemanfaatan media sosial, dan lain-lain.

Salah seorang mahasiswa peserta expo kewirausahaan, Dian, mengaku senang bisa ikut berpartisipasi di expo kewirausahaan kali ini. Bersama tiga teman kelompoknya, dia memilih usaha kuliner sehat kekinian yang tengah naik daun.  “Melalui expo kewirausahaan ini, saya bisa langsung memahami bagaimana sebenarnya kondisi pasar dan persaingan dengan kompetitor melalui interkasi langsung dengan konsumen,” ungkapnya. (FP)

- Advertisement -

TERKINI

Tunjukan Empati di tengah Pandemi Covid-19 , Korcab VI DJA II Kunjungan ke Panti Asuhan dan Panti Jompo

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Merasa terketuk untuk saling berbagi rezeki dan peduli di suasana pandemi Covid -19 jajaran pengurus Korcab VI (Daerah...

Suasana Haru Warnai Penamatan Virtual SMP Islam Athirah Bukit Baruga

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sejumlah 115 siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Angkatan XX resmi dinyatakan sebagai alumni. Perubahan status dari siswa menjadi alumni...

Ini Pesan Fatimah Kalla Pada Penamatan Virtual SMP Islam Athirah Bukit Baruga

FAJARPENDIDIKAN.co.id - SMP Islam Athirah Bukit Baruga menggelar penamatan siswa kelas IX, Ahad (7/6/2020). Sejumlah 115 siswa dalam acara yang digelar secara...

Dukung Ketahanan Pangan, Rumdis TNI AL Lantamal VI Dewakang B1 Di Tengah Kota Rasa Pedesaan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Suasana pedesaan, di banyak tempat selalu menyenangkan. Begitu juga dengan kompleks Rumah Dinas (Rumdis) TNI AL Lantamal VI Dewakang...

REKOMENDASI