Aturan Mandi yang Menyehatkan

Mandi sebelum adzan subuh terbukti memiliki manfaat luar biasa. Selain itu, minum air hangat sebelum tidur dapat mencegah stroke, serangan jantung, dan pembengkakan kaki karena gravitasi yang mempertahankan cairan di bagian bawah tubuh.

Kurang tidur dapat menyebabkan penyakit diabetes. Gangguan pada sumbu hipotalamus dan hipofisis adrenal di dalam otak dapat menyebabkan intoleransi glukosa, gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi dan peningkatan produksi kortisol.

Tidur yang baik bagi kesehatan adalah 5-7 jam setiap hari. Waktu tidur yang ideal adalah jam 21.00, dengan bangun pada jam 02.00 atau 03.00 untuk melaksanakan salat tahajjud. Melakukan ini secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur kadar kortisol, dan reseptor antagonis dalam tubuh, serta mengurangi stres. Tidur yang cukup juga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

- Iklan -

Setelah salat tahajjud, minumlah air hangat dengan tambahan jeruk lemon dan madu. Setelah minum ramuan tersebut, sekitar 5 hingga 10 menit kemudian, mandilah dengan air dingin sambil membaca bismillah. Kemudian berangkatlah ke masjid untuk melakukan salat berjamaah.

Baca Juga:  Jerawat Ternyata Miliki Hal Positif

Sebelum mandi pagi, disarankan untuk minum air hangat secara perlahan-lahan. Ini membantu melancarkan aliran darah dan mencegah serangan jantung.

Mandi pagi sebelum azan subuh memiliki manfaat besar untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti asam urat, stroke, dan manfaat kesehatan lainnya.

- Iklan -

Pengaruh Positif

Mandi di waktu fajar memiliki pengaruh positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang serta meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Para Nabi dan Rasul adalah manusia mulia yang hidup aktif pada 1/3 malam. Mereka memelihara kesehatan dengan mandi sebelum azan subuh atau di waktu fajar.

- Iklan -

Manfaatnya meliputi melancarkan peredaran darah, menurunkan risiko hipertensi, meningkatkan kesuburan, memperbaiki kesehatan jaringan tubuh, meredakan depresi, meningkatkan suasana hati, memperkuat kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan rambut dan kulit. Selain itu, mandi ini juga dapat mencegah penyakit seperti demam dan flu serta melindungi dari sihir baik dari jin maupun manusia.

Mandi pagi juga menjaga kesehatan fisik seperti menjaga kesehatan mata agar tidak mudah rabun dan mempertahankan wajah yang bercahaya.

Baca Juga:  Jangan Melebihi 6 Jam Nasi di Rice Cooker

Doa saat mandi pagi mudah dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sulit dijahati oleh orang lain, seperti disumpahi, karena akan berbalik kepada orang yang menyumpahinya.

Dianjurkan untuk tidak langsung mandi dengan menyiram air ke atas kepala terlebih dahulu karena dapat berakibat fatal seperti pecahnya pembuluh darah di otak yang bisa menyebabkan stroke, terutama bagi lanjut usia yang berisiko mengalami kematian mendadak di kamar mandi.

Cara mandi yang baik adalah mulai dengan menyiram air dari bawah setengah badan ke bawah, kemudian gosok dengan sabun. Lanjutkan dengan menyiram air dari batas bahu hingga batas leher, lalu gosok dengan sabun. Terakhir, siram air dari atas kepala dan rambut.

Disarankan untuk tidak mandi setelah maghrib, khususnya antara pukul 18.00 – 19.00, karena pada waktu tersebut jantung melemah. Praktik ini dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah seperti rematik dan lainnya. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU