Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir, Berikut 5 Tips Supaya Skripsi Kamu Cepat Kelar

Skripsi merupakan karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.

Skripsi menjadi salah satu hal penting bagi mahasiswa sebelum menyelesaikan pendidikan dan mendapatkan sebuah gelar.

Menyelesaikan skripsi tentu bukan hal yang mudah bagi mahasiswa tingkat akhir. Terkadang diburu waktu, di cari-cari dosen pembimbing (dospem), ada halangan keluarga, ada masalah pribadi, dospem susah di hubungi.

- Iklan -

Semua masalah di atas mungkin pernah kalian alami. Maka dari itu, penulis membagikan tips agar skripsi kamu dapat selesai tepat waktu.

1. Buat Deadline dan Disiplin Waktu

Pertama mahasiswa harus bisa membuat deadline sendiri kapan bisa menyelesaikan skripsi tersebut. Misalnya dalam satu bulan satu bab atau dua bab skripsi harus selesai.

Mahasiswa juga harus disiplin soal waktu agar target terselesaikannya skripsi dapat tercapai.

- Iklan -
Baca Juga:  Rawatlah Wajah Sebelum Bermasalah

2. Pilih Topik yang Disukai, Kuasai dan Pahami

Selanjutnya mahasiswa bisa memilih topik yang disukai, yang paling dikuasai dan yang paling dipahami dengan baik.

Mahasiswa juga tidak perlu membuat standar skripsi yang terlalu sulit, tentunya hal tersebut akan menyulitkan mahasiswa untuk menyelesaikan tepat waktu.

3. Pilih Dosen Pembimbing Terbaik

Adapun hal penting lainnya yakni mahasiswa bisa memilih dosen pembimbing dimana mahasiswa merasa nyaman dan semangat untuk melakukan bimbingan.

- Iklan -

Tapi, ada juga kampus yang dosen pembimbingnya sudah di atur oleh pihak jurusan/fakultas. Jadi, kamu bisa inisiasi dengan mengambil topik yang diajarkan oleh dosen andalanmu.

Dosen pembimbing menjadi salah satu faktor terpenting dalam penyelesaian skripsi lho. Semakin dekat hubungan baik dengan dosen pembimbing, bisa menjamin skripsi kamu banyak di bantu dan bisa selesai tepat waktu.

Baca Juga:  Tips Hindari Pinjol Ilegal

4. Kurangi Jadwal Nongkrong

Terakhir, mahasiswa perlu mengurangi jadwal nongkrong, main musik atau apapun hal yang dirasa kurang penting supaya mahasiswa lebih fokus konsentrasi dalam menyelesaikan skripsi.

5. Kerja Skripsi di Tempat yang Berbayar

Faktanya, mengerjakan skripsi di tempat-tempat yang berbayar seperti kafe akan merangsang insting kamu untuk setidaknya menyelesaikan beberapa poin. Karena kamu mengeluarkan uang, pasti tidak mau rugi dong.

Namun, jika sedang mengerjakan skripsi di kafe/warkop, usahakan jangan bawa teman yah, karena ujung-ujungnya bakal kebanyakan cerita. Kalau sendiri pasti bisa lebih fokus.

Itulah tips agar selesai skripsi tepat waktu. Semoga bermanfaat dan kalian semua yang membaca artikel ini bisa segera wisuda!

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU