Kamis, Februari 25, 2021

Beberapa Tips Bisa Membuat Pertemanan Semakin Erat

Kalian pasti sudah tidak asing dengan kata teman atau pertemanan, bahkan persahabatan. Kondisi  ini juga dihadapi oleh semua manusia tanpa terkecuali. Hubungan ini kadang membuat orang memiliki persepsi masing-masing dalam menjaga hubungan antar sesama teman.

Karena, sedikit dari kita tidak saling mengerti dalam menjaga atau memahami sebuah pertemanan. Pertemanan akan menjadi lengkap jika kita mengaplikasikan hal ini kepada teman kita. Berikut tips-tips yang bisa membuat pertemanan semakin erat :

Mengerti kondisi teman
Saling mengerti. Saat menghadapi teman. Kita harus melihat dan mempelajari teman kita ini seperti apa. Apakah ia sedang merasa senang, atau bahkan sebaliknya.

Kadang ada orang yang jika sedang tidak baik-baik saja, ia akan mencari temannya lalu bercerita. Begitupun sebaliknya, ia akan memilih untuk menyendiri dalam menghadapi masalahnya.  Jadi dalam hal pertemanan kita harus mlihat kondisi teman kita seperti apa dan orangnya seperti apa.

Saling menukar dan mendengar cerita
Keegoisan. Memiliki teman yang egais adalah keadaan yang sangat tidak menyenangkan. Namun, semua akan menjadi nyaman ketika kita siap menjadi teman cerita dalam hal apapun. Baik saat ia sedih  maupun senanang.

Tetapi,  tetap saja bakalan ada orang yang akan selalu mau di dengar dan tidak mendengarkan iorang lain. Jadi teman yang baik adalah teman yang mau mendengarkan temannya dan begitupun sebaliknya.

Jangan menjadi teman yang cemburuan
Teman kita, bukan berarti ia tidak memiliki teman yang lain. Jangan terlalu mengikuti urusan teman kita. Hingga ia merasa tidak nyaman dan menimbulkan masalah. Jangan cemburu jika teman kita lebih dekat dengan temannya yang lain.

Tahu batas pertemanan
Pertemanan tetaplah teman. Jangan memasuki urusan pribadinya terlalu dalam. Karena kadang, sebagai teman ia akan menceritakannya jika ia mau. Dan menyembunyikannya, ketika ia menganggap ini adalah urusannya sendiri. Ketika kita memaksakan untuk tahu, ini akan menjadi masalah dan menyebabkan ketidak nyamanan.

Saling menolong
Membantu sesama. Seperti yang biasa terjadi  sering kali teman menjadi tempat kedua. Dari keluarga. Dan di saat ada masalah ia akan meminta bantuan pada temannya. Bantulah ketika mampu, jangan meninggalkannya ketika ia butuh. (JUM)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Unibos Kembali Jadi PT Terbanyak Raih Dana Hibah Proposal Pengabdian Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali raih pendanaan hibah proposal pengabdian masyarakat terbanyak tahun 2021. Sebelumnya pada tahun 2020, Unibos pun menjadi...

Dies Natalis ke-22, STIE Nobel Sukses Cetak Alumni Berjiwa Entrepreneur

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia, tengah merayakan hari jadinya yang ke-22, Rabu, (24/2/2021). Seusia anak remaja yang tengah...

Sah! UIN Alauddin dan UNU Gorontalo Kerja Sama Program Pascasarjana

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Untuk mendorong penguatan kelembangaan antar perguruan tinggi Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan...

Sat Narkoba Polres Barru Amankan Pelaku Pengedar Sabu-Sabu

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Press Conference Kasat Narkoba Polres Barru Iptu Aswan Habib, mengatakan kasus ini berawal dari informasi Masyarakat tentang adanya Penyalahgunaan Narkotika...

Kabid Dikdas Kota Makassar Apresiasi FBB Ke-7 SMP Islam Athirah 1 Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - SMP Islam Athirah 1 Makassar kembali menggelar Festival Budaya dan Bahasa (FBB) Ke-7 Tingkat SD se-Kota Makassar dan sekitarnya,...

REKOMENDASI