ADV A1

Begini Cara Cepat aktivasi Rekening SimPel BRI dan BNI siswa SD, SMP, SMA/SMK Penerima PIP 2021

Pemegang KIP dengan jenjang SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus dapat mencairkan dana PIP di BRI, sedangkan pemegang KIP dengan jenjang SMA/Paket C dapat mencairkannya di BNI.

FAJAR Pendidikan

Program Indonesia Pintar (PIP) Kemendikbud 2021 merupakan program strategis pemerintah dalam upaya mendorong mutu pendidikan di Indonesia.

Dalam kebijakannya, program ini menyasar siswa SD hingga SMA dengan rentang usia 6 sampai 21 tahun, untuk diberikan dana bantuan pendidikan melalui PIP Kemendikbud.

Dari informasi yang didapat, PIP 2021 akan segera cair sesegera mungkin di 2021 ini. Sayangnya, siswa SD, SMP, SMA/SMK dipastikan gagal atau docoret dari daftar penerima dana bantuan pendidikan ini, jika lupa untuk aktivasi rekening BRI SimPel mereka.

Aktivasi rekening penerima PIP ini harus sudah dilakukan sebelum 31 Oktober 2021. Hal ini merujuk pada pemberitahuan yang disampaikan melalui laman Dispendik Surabaya, di mana disebutkan siswa penerima PIP wajib melakukan aktivasi rekening Simpanan Pelajar (SimPel) di 2 Bank Himbara yakni BRI dan BNI sebelum 31 Oktober 2021.

BACA JUGA :   Ustaz Abdul Somad Minta DPR RI Pertanyakan Deportasinya ke Kedubes RI Singapura

Karena, jika sampai batas waktu itu siswa belum melakukan aktivasi rekening SimPel, maka peserta didik SD, SMP, SMA/SMK dipastikan tidak akan menerima manfaat PIP Kemendikbud. Dengan kata lain, bantuan PIP hangus atau dibatalkan.

Perlu diketahui, yang perlu melakukan aktivasi rekening SimPel adalah siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang baru dinyatakan sebagai penerima PIP atau penerima yang mengganti rekening.

Sedangkan, siswa yang sudah pernah melakukan aktivasi rekening PIP sebelumnya, tidak perlu mengulangi proses yang sama. Bagi siswa yang akan melakukan proses aktivasi rekening PIP, bisa dilakukan di sekolah masing-masing.

BACA JUGA :   Ini Syarat Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022, Targetnya 16.000 Mahasiswa

Setelah aktivasi, nantinya siswa bisa mencairkan dana bantuan PIP. Untuk pengambilan dana PIP dapat dilakukan secara perorangan dan secara kolektif.

Khusus pengambilan bantuan dana PIP secara kolektif, hanya dapat dilakukan jika berada di wilayah yang memang sulit untuk mengakses bank penyalur.  Pengambilan secara kolektif dapat dikuasakan kepada pihak sekolah melalui kepala sekolah/ketua lembaga/bendahara sekolah/bendahara lembaga.

Pemegang KIP dengan jenjang SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus dapat mencairkan dana PIP di BRI, sedangkan pemegang KIP dengan jenjang SMA/Paket C dapat mencairkannya di BNI.

Khusus pemegang KIP jenjang SD/SMP, pengambilan dana PIP harus didampingi orang tua/wali/guru.

Berikut cara cepat untuk aktivasi rekening SimPel BRI dan BNI siswa SD, SMP, SMA/SMK

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI