ADV A1

Begini Kisah Liu Xuezhou, Dijual Orangtua saat Masih Bayi dan Bunuh Diri

FAJAR Pendidikan

Seorang remaja China yang dijual oleh orangtuanya saat masih bayi, dan dilaporkan ditolak oleh mereka setelah reuni baru-baru ini, ditemukan meninggal dunia.

Liu Xuezhou tampaknya bunuh diri di Provinsi Hainan pada Senin (25/1/2022) pagi, menurut laporan yang dilansir BBC.

Kisahnya telah mengguncang China dan memicu curahan simpati. Baca juga: Kisah Rohana, Wanita di Malaysia yang sejak Kecil Ditinggal Ibunya Kembali ke Indonesia, Kini Kesulitan Dapat Kewarganegaraan Remaja 17 tahun itu pertama kali menjadi perhatian nasional di China setelah ia mengunggah video yang meminta bantuan untuk menemukan keluarga kandungnya.

Menurut laporan media, Liu dijual oleh orangtua kandungnya pada tahun 2005 dan dibawa oleh keluarga lain. Namun, orangtua angkatnya kemudian meninggal dalam kecelakaan. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan kakek, nenek, dan kerabat lainnya.

Pada Desember tahun lalu, remaja berusia 17 tahun itu berhasil melacak orangtua kandungnya, yang telah bercerai dan menikah lagi, setelah dia memulai pencarian online. Liu mengatakan di media sosial bahwa itu adalah reuni yang bahagia pada awalnya.

Lalu Berhasil Dipertemukan Kembali dengan Keluarganya Namun, keadaan berubah setelah dia dilaporkan mengeklaim membutuhkan bantuan keuangan. Liu Xuezhou berkata bahwa dia telah bertanya kepada orangtuanya apakah dia bisa tinggal bersama mereka, atau untuk membelikan atau menyewakan rumah untuknya karena dia tidak memiliki rumah sendiri.

BACA JUGA :   Rifdah Farnidah Juara 1 Musabaqah Hifzh Al-Quran Tingkat Dunia

Namun, menurutnya, orangtua kandungnya malah kembali mengabaikannya. Ibunya bahkan memblokirnya di platform pesan singkat WeChat. Orangtuanya membantah hal ini. Ibunya mengatakan, Liu mencoba memaksanya untuk membelikannya rumah yang tidak mampu dia beli.

Liu kemudian mengatakan, dia akan menuntut orangtua kandungnya karena penelantaran. Dalam sebuah unggahan Weibo, Liu mengatakan akan “melihat mereka di pengadilan”. Remaja itu kemudian dilaporkan diintimidasi di dunia maya.

Banyak yang mengatakan bahwa dia hanya menginginkan rumah dari orangtuanya, dan bahwa dia berusaha mendapatkan simpati.

Tepat setelah tengah malam pada Senin (24/1/2022), Liu mengunggah esai panjang di Weibo. Isinya memerinci peristiwa hidupnya dan bagaimana dia diserang secara online. “Saya telah bertahan dipanggil dengan banyak nama,” katanya, mengatakan bahwa dia telah “ditinggalkan dua kali” oleh orangtua kandungnya.

Di baris terakhir catatannya, dia mengatakan “mengakhiri hidupku ini”. Unggahan tersebut memicu komentar panik yang mendesaknya untuk tidak mengambil nyawanya sendiri, dan meminta orang-orang di sekitar untuk menemukannya.

BACA JUGA :   Maria Travel Meminta Maaf atas Insiden di Cannes Film Festival 2022

Bibinya kemudian mengonfirmasi kematiannya dengan media lokal, yang mengatakan bahwa dia ditemukan beberapa jam setelah catatan itu diterbitkan, dan dilarikan ke rumah sakit di mana dia meninggal pada Senin (24/1/2022) dini hari.

Halaman Weibo Liu sejak itu dibanjiri komentar simpatik, dengan banyak yang mengungkapkan kemarahannya terhadap para pelaku cyber bullying. “Penindasan dunia maya yang dia alami terlalu berat untuk ditanggung orang dewasa, apalagi anak-anak,” kata salah satu pengguna. Penggunan yang lain mengatakan, mereka berharap dia akan menemukan keluarga yang baik “di kehidupan selanjutnya”.

“Saya harap di kehidupan Anda selanjutnya Anda menemukan orangtua yang melindungi Anda, saudara-saudara yang mencintai Anda, dan menjalani hidup tanpa kekhawatiran”.

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri.

Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada. Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia, klik di sini.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI