ADV A1

China Bangun Menara Pembersih Udara Terbesar di Dunia

FAJAR Pendidikan

Ingin Kurangi polusi udara, China membangun menara pembersih udara di Kota Xian, Provinsi Shaanxi. Menara air purifier erbentuk lingkaran dengan tinggi 328 kaki setinggi 100 meter itu diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Menara dibangun dengan tujuan meningkatkan kualitas udara di kota tersebut menyusul kabut asap yang kerap melanda.

Cao Junji, China membangun menara pembersih udara berharap menara ini dapat bekerja dengan baik untuk memurnikan lebih dari 10 juta meter kubik udara setiap hari di area seluas 10 kilometer persegi. Sejak difungsikan beberapa bulan terakhir, menara sudah menghasilkan lebih dari 10 juta meter kubik udara bersih setiap hari.

BACA JUGA :   Profil Tatiana Maslany Sukses Perankan She Hulk di Seria Marvel Terbaru

Menurut Cao, saat kondisi kota diselimuti kabut asap, menara ini mampu menurunkan dampak negatif polusi hingga ke level moderat. Menara bekerja dengan melepaskan udara bersih yang dihasikan dari rumah kaca yang mengelilingi dasarnya.

Luas rumah kaca itu setengah dari ukuran lapangan sepakbola Udara bersih dihasilkan dari polusi yang diisap ke rumah kaca lalu dipanaskan menggunakan energi surya. Udara panas itu kemudian didorong ke atas menara melewati beberapa lapisan filter pembersih sebelum dilepas ke udara.

Soal ketersediaan energi surya di musim dingin, hal itu bukan masalah karena kualitas pelapis di rumah kaca itu mampu menyerap radasi matahari dengan level tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan semua prosesnya.

BACA JUGA :   Cacar Monyet atau Monkeypox Belum Ada Obatnya, Kenali Gelajanya dan Cara Antisipasinya

Berkat menara ini, rata-rata penurunan partikel debu kecil dalam asap yang sangat membahayakan bagi kesehatan atau biasa disebut dengan 2,5 PM mencapai 15 persen dalam kondisi kota berkabut asap.

“Hasilnya sangat membanggakan,” kata Cao, dikutip dari South China Morning Post, Selasa 16 Januari 2018. Polusi udara di Kota Xian cukup tinggi di musim dingin. Hal ini dikarenakan warga menggunakan batubara sebagai pemanas rumah tangga. Lihat juga: Audio Series Tukang Ojek Pengkolan Episode 26: Mas Pur Ngamuk, Gebetannya Dibonceng Cowok Lain.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI