ADV A1
ADV B1

Berswafoto Sejak 2017 Hingga 2021, Begini Cerita Ghozali Everyday Raup Rp1,5M dari NFT

FAJAR Pendidikan

Ghozali Everyday mendadak viral usai swafoto miliknya dalam bentuk aset digital atau Non Fungible Token (NFT) laku terjual hingga meraup cuan miliaran rupiah.

Ghozali menjual koleksinya tersebut di platform marketplace OpenSea. Platform ini menyediakan ruang bagi penjual, pembeli, dan kreator aset digital untuk bertransaksi dengan mata uang kripto Ethereum (ETH).

-ADV C2 -

Sultan Gustaf AL Ghozali ini mulai mengunggah konten ke marketplace OpenSea pada akhir Desember 2021. OpenSea sendiri adalah platform untuk jual beli aset digital seperti NFT dan salah satu terbesar saat ini.

-ADV C3 -

Koleksi NFT yang menjadi incaran kolektor milik Ghozali merupakan kumpulan foto selfie dirinya setiap hari sejak berusia 18 hingga 22 tahun, tepatnya pada 2017 hingga 2021. Total swafoto Ghozali adalah 933 foto. Foto itu menghasilkan keuntungan hingga Rp 1,5 miliar.

BACA JUGA :   5 Teknologi Kuno dan Canggih, Ilmuan Sampai Bingung

Awalnya Hanya Bercanda

Ghozali menuturkan awalnya ia tak berniat serius mengunggah fotonya di platform OpenSea. OpenSea merupakan pasar jual beli NFT yang kesohor dengan perputaran uang terbesar.

-ADV C4 -

“Awalnya saya hanya bergurau dengan teman tentang foto wajah yang saya upload di situs NFT,” ujar Ghozali dalam rekaman wawancaranya yang disampaikan melalui Humas Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Jumat, 14 Januari 2022.

Foto yang ia unggah pada Desember 2021, kata Ghozali, adalah potret lama. Foto wajahnya sudah ia ambil sejak lulus SMK pada 2017. Dalam foto yang dijual di platform OpenSea dan laku miliaran, Ghozali tampak duduk di depan kursi berwarna merah dengan latar blur.

BACA JUGA :   Spesifikasi dan Harga Hp OPPO A16 RAM 3GB Terbaru Januari 2022

Ghozali adalah mahasiswa semester tujuh program studi D4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Dengan pendapatannya saat ini, Ghozali sudah berencana memiliki studio animasi.

Sebab, ia memang sudah tertarik dengan dunia animasi sejak bersekolah SMK. Dia mengaku selama kuliah, kampus banyak memberikan ilmu animasi. Bahkan, dia meraih prestasi untuk pembuatan desain logo.

Ketua Prodi D4 Animasi Udinus Khafiizh Hastuti mengatakan Ghozali mengikuti berbagai lomba di bidang desain dan animasi. Bahkan, ia beberapa kali memperoleh juara.

“Dengan prestasi ini menjadi salah satu bukti bahwa passion yang ia lakukan selama ini memang membuahkan. Kami akan selalu dukung setiap karya yang dihasilkan oleh mahasiswa Udinus,” katanya.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI