Monday, June 1, 2020

Bupati Barru Dukung Swasembada Pangan dan Daging Melalui Program AUTP dan AUTS-K

- Advertisement -

BARRU, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Pertanian menggelar Rapat Koordinasi Teknis Percepatan dan Evaluasi AUTP dan AUTS-K, bertempat di Baruga Bola Sobae, Kabupaten Barru Jum’at (21/02/2020).

Rapat Koordinasi tersebut dibuka Bupati Barru H. Suardi Saleh dan dihadiri oleh seluruh jajaran lingkup Dinas Pertanian se-Kabupaten Barru. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mensinergikan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan tercapainya Swasembada Pangan dan Daging. 

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menyampaikan, Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS-K) merupakan Program dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan mengalokasikan anggaran bantuan premi secara khusus untuk AUTP dan AUTS-K dalam menanggung resiko gagal panen serta menanggung resiko terhadap ternak sapi-kerbau. Untuk program AUTS-K, yang dilindungi asuransi adalah ternak sapi/kerbau betina.

Lebih lanjut, Suardi Saleh menjelaskan tujuan dari Asuransi ini untuk mengalihkan resiko kerugian usaha tani, akibat gagal panen atau sapi/kerbau mengalami kematian dan kehilangan ternak, melalui skema pertanggungan asuransi.

“Dengan sasaran agar terlindunginya petani atau peternak dari kerugian usaha karena resiko usaha pertanian ini dapat terjadi sewaktu-sewaktu yang berdampak pada kemampuan finansial petani dan peternak itu sendiri,” ujarnya.

Terkait program AUTP dan AUTS-K ini, Ia menekankan akan pentingnya optimalisasi serta sosialiasi program ini kepada petani dan peternak.

“Oleh karena itu, dengan kehadiran AUTP dan AUTS-K diharapkan mampu menjawab berbagai persoalan yang dialami petani dan peternak sehingga daya saing mereka secara perlahan menjadi semakin sejahtera sehingga swasembada pangan dan daging dapat segera terwujud,” pungkasnya.

Dengan adanya Program Nasional AUTP dan AUTS-K ini diharapkan petani dan peternak semakin mengerti akan pentingnya peranan asuransi untuk menjamin resiko terhadap gagal panen serta kematian dan kehilangan ternak. (AHD)

- Advertisement -

TERKINI

Kunker Di Ajakkang, Kapolres Barru Bahas Kamtibmas, Covid-19 Dan Pilkada

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka Silaturahim, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barru Akbp Welly Abdillah melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Aula Kantor Desa...

Di Hari Lahir Pancasila, Lantamal VI Luncurkan Video Pendek “Garuda Di Lautku”

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2020 hari ini, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) memperingatinya...

Kurva Covid-19 di Aceh Landai, Yuri: Kunci Keberhasilannya Ada di Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Juru Bicara Covid-19 Achmad Yurianto mengapresiasi masyarakat Aceh atas keberhasilan dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19. Menurutnya,...

Pancasila Jadi Penggerak dan Pemersatu Bangsa dalam Menghadapi Tantangan dan Ujian

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pancasila selalu menjadi penggerak dan pemersatu bangsa dalam menghadapi serta mengatasi segala tantangan. Nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata...

REKOMENDASI