Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya

FAJAR Pendidikan

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya. Dengan ditemukannya mikroskop cahaya telah membawa suatu revolusi dalam bidang sains. Misalnya penyakit tertentu yang pada awalnya diduga-duga penyebabnya, sekarang menjadi jelas untuk diidentifikasi sumbernya.

Untuk mempelajari sains dengan baik kepada siswa tingkat lanjutan pertama perlu diperkenalkan mikroskop cahaya sejak dini. Untuk melihat lebih dekat apa itu mikroskop cahaya, bagaimana menggunakannya, dan bagaimana mengidentifikasi obyek mikroskopis  adalah pengetahuan yang tidak mahal. Mari kita pelajari apa itu mikroskop cahaya.

Sekarang saatnya kalian mengetahui cara dan langkah dalam menggunakan mikroskop dengan benar. Pahami dengan saksama ya!

BACA JUGA :   5 Contoh Soal Persamaan Nilai Mutlak Lengkap Penjelasannya

Cara Menggunakan Mikroskop

Mikroskop yang akan kita bahasa pada halaman ini adalah mikroskop cahaya. Mikroskop inilah yang sering digunakan untuk praktikum biologi di bangku sekolah. Langsung saja simak bagaimana cara menggunakan mikroskop yang akan diberikan pada daftar langkah-langkah berikut.

  1. Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada persis di hadapan pemakai.
Cara menggunakan mikroskop
  1. Putar revolver sehingga lensa objektif dengan pembesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver.
Cara menggunakan mikroskop
  1. Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat.
Cara menggunakan mikroskop
  1. Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit objek/benda.
Cara menggunakan mikroskop
  1. Aturlah fokus untuk memperjelas gambar objek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus.
  1. Apabila bayangan objek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa objektif dengan ukuran dari 10x, 40x, atau 100x, dengan cara meutar revolver hingga bunyi klik.
Cara menggunakan mikroskop

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -