Cerita Gajah Buta Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Subtema 4: Aku Cinta Membaca Halaman 138 dan 139

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban berikut membahas tentang Pertemuan 1, Aku Cinta Membaca, Tema 4, untuk Kelas 6 SD/MI. Nah, adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam mempelajari pelajaran 1 yang terdapat pada halaman 138 sampai 139.

Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018 untuk Kelas 6 SD/MI. Tema 4 Globalisasi. Materi untuk pertemuan 1 ini meliputi ‘Cerita Gajah Buta’.

Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Nah, simaklah Kunci Jawaban Buku Tema 4 Kelas 6 Halaman 138 dan 139. Aku Cinta Membaca: ‘Cerita Gajah Buta’’ berikut ini dengan saksama!

Cerita Gajah Buta

Cerita Rakyat Thailand

Di tepi sungai Chao Phya, dekat Bangkok, hidup dua orang kakak beradik yang bernama Jomroon dan Daeng. Mereka diajar oleh guru yang sama selama bersekolah. Setelah selesai bersekolah, mereka memutuskan untuk pergi mencari nafkah di Bangkok. Di perjalanan, mereka melewati hutan lebat. Daeng melihat jejak kaki seekor gajah dalam perjalanan tersebut.

“Ini adalah jejak kaki seekor gajah jantan, yang mata kirinya buta,” ia memberi tahu kakaknya.

“Bagaimana kamu tahu?” tanya Jomroon. “Aku hanya bisa melihat bahwa jejak tersebut adalah jejak seekor gajah yang bergerak dari selatan ke utara,” katanya heran.

Tetapi Daeng diam tak menjawab. Ia tidak ingin kakaknya merasa ia lebih pintar dari kakaknya.

Setelah beberapa saat berjalan, mereka melihat seekor gajah besar sedang makan pisang. Ketika gajah tersebut melihat mereka, ia mengangkat belalainya, mengeluarkan suara besar, lalu lari ke dalam hutan. Sebelum gajah tersebut lari, Jomroon melihat bahwa mata kiri gajah tersebut buta.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI