Desain Logo HUT RI dari Awal Kepemimpinan Jokowi hingga Sekarang

17 Agustus tahun ini, Indonesia bakal genap berusia 76 tahun.

FAJAR Pendidikan

Ulang tahun ini juga menjadi penanda sudah berjalannya kepemimpinan Jokowi selama 7 tahun.
Tahun ini, HUT RI logo HUT RI telah diperkenalkan Kementerian Sekretariat Negara. Nah, menengok beberapa tahun lau, berikut FAJAR PENDIDIKAN kumpulkan logo-logo HUT RI sejak era Presiden Jokowi.

HUT ke-70 RI: Indonesia Merdeka, Ayo Kerja

Desain Logo HUT RI dari Awal Kepemimpinan Jokowi hingga Sekarang (1)
Foto: Dok. Kementerian Sekretariat Negara
Di awal kepimpinan Jokowi, desain logo untuk HUT ke-70 RI cukup minimalis. Bagian atas angka ’70’ dibuat mirip seperti kepala burung garuda lengkap dengan jambulnya.
Sementara di bagian atas lingkaran merah terdapat tulisan ‘Indonesia Merdeka’ dan ‘Ayo Kerja’ di bagian bawah. Kedua tulisan tersebut sama-sama berwarna merah.

HUT ke-71 RI: Indonesia Kerja Nyata

Desain Logo HUT RI dari Awal Kepemimpinan Jokowi hingga Sekarang (2)
Foto: Dok. Kementerian Sekretariat Negara
Logo HUT ke-71 RI terkesan sederhana dan tegas. Logo HUT RI tahun 2016 ini terdiri dari lingkaran yang dibagi dua dengan tulisan angka 71. Tulisan ‘Kerja Nyata’ pada logo tersebut merupakan bentuk kerja nyata yang berkesinambungan dari logo HUT RI tahun sebelumnya.

HUT ke-72 RI: Indonesia Kerja Bersama

Foto: Dok. Kementerian Sekretariat Negara
Sementara pada HUT ke-72 RI, logo dibuat tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Hanya saja terdapat angka 72 dengan dilengkapi kalimat ‘Indonesia Kerja Sama’ sebagai tema logo.

HUT ke-73 RI: Kerja Kita Prestasi Bangsa

Desain Logo HUT RI dari Awal Kepemimpinan Jokowi hingga Sekarang (4)

Logo HUT ke-73 RI terinspirasi dari kata ‘kerja’ dan ‘energi’. Kata ‘kerja’ berarti adanya pergerakan atau aktif, sedangkan kata ‘energi’ berarti tenaga atau daya untuk bekerja.
Logo HUT ke-73 RI disandingkan dengan logo Asian Games yang diselenggarakan di tahun tersebut yakni 2018. Seperti diketahui, di tahun 2018 Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games XVIII.

HUT ke-74 RI SDM Unggul Indonesia Maju

Desain Logo HUT RI dari Awal Kepemimpinan Jokowi hingga Sekarang (5)

Pada logo HUT ke-74 RI, makna angka ’74’ rupanya bukan menyimbolkan umur Indonesia. Namun, melambangkan tentang kita (Indonesia) bukan “aku” atau “kamu”.
Dari angka 7 ke angka 4 juga membentuk garis petir melambangkan gerak, kerja, energi yang menginspirasi dari atas ke bawah.
Bahkan, tagline dari logo ini menggambarkan visi pemerintah dalam momentum ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

HUT ke-75 RI

Foto: Dok. Kementerian Sekretariat Negara
Desain logo HUT ke-75 RI dibuat supergraphic, di mana terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun. Logo ini kemudian dipecah kembali menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila.
Logo HUT ke-75 RI ini menyimbolkan kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

HUT ke-76 RI : Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

Logo HUT Ke-76 RI (Dok. Setneg)

Pemerintah resmi merilis tema dan logo perayaan HUT Ke-76 RI. Kali ini tema yang diusung adalah ‘Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’.

BACA JUGA :   50 Link Twibbon HUT ke 77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022

Dikutip dari situs Setneg, Kamis (17/6/2021), Mensesneg Pratikno mengeluarkan surat edaran terkait tema dan logo peringatan HUT Ke-76 RI. Surat ditujukan kepada pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Bank Indonesia, Panglima, Kapolri, hingga semua kepala daerah di Indonesia.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kiranya Bapak/lbu berkenan memperbanyak dan mensosialisasikannya di lingkungan kerja Bapak/lbu serta membantu menyebarluaskan kepada masyarakat umum,” demikian penggalan bunyi surat edaran tersebut.

BACA JUGA :   Cara Jadi Peserta Upacara HUT ke-77 RI di Istana, Hanya Untuk 2.000 Orang

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI