Thursday, July 2, 2020

Ditengah Pandemi, Perpustakaan Akan Sediakan “Studio” Mini

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Selain sudah menyediakan akses layanan Perpustakaan Digital melalui ePustaka Kota Makassar, Dinas Perpustakaan Kota Makassar akan mengembangkan layanan online untuk seluruh kegiatan khususnya kegiatan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca.

Hal ini dilakukan selain amanah UU Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan untuk menghadirkan layanan perpustakaan berbasis IT juga sebagai solusi ditengah pandemi covid-19.

Hal tersebut dibahas oleh Kelompok Pustakawan dan Seluruh Kasi Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca di Ruang Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, Selasa (02/06).

Sebagian kegiatan akan diuji coba tahun ini dan rencananya akan diterapkan mulai tahun depan.

Kegiatan online selain sebagai solusi juga sebagai pendamping kegiatan tatap muka yang selama ini sudah dilaksanakan.

Hal ini untuk terus menjamin agar kegiatan pembinaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran membaca terus berkelanjutan dan berkesinambungan.

Untuk mendukung kegiatan online, maka Dinas Perpustakaan akan menyiapkan tempat khusus siaran atau mirip studio mini di Perpustakaan Umum Kota Makassar.

“Tempat ini akan digunakan untuk pengambilan gambar seperti kegiatan Dongkelor program perluasan Dongeng Keliling yang saat ini tahap uji coba sedang berjalan dan telah disiarkan setiap hari Sabtu pagi,” terang  Kepala Dinas Perpustakaan kota Makassar, Andi Siswanta A Attas.

“Kemudian program khusus masakan “Dapur Pustaka” oleh Ibu-Ibu Relawan Baca, Talkshow Duta Baca dan sebagainya,” tambahnya.

Seluruh kegiatan tersebut, kata  Siswanta, akan disebarluaskan melalui media sosial dan dimungkinkan beragam kegiatan akan berkembang melalui pelibatan masyarakat sebagai wujud peran Perpustakaan dengan layanan inklusi sosial.

“Selian itu, kegiatan lomba-lomba pembudayaan kegemaran membaca akan direncanakan dibuat digital. Seperti Lomba bercerita yang rutin dilaksanakan setiap tahun, bisa melalui pengiriman video atau format lainnya jika pandemi covid-19 terus berkelanjutan,” jelasnya.

Ia berharap agar tetap selektif untuk pengembangan layanan berbasis online agar nantinya tidak memberatkan pemustaka dalam mengakses internet dan kegiatannya betul-betul diikuti oleh masyarakat dan merasa senang dengan program-program Perpustakaan. (*/FP)

- Advertisement -

Pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup.

Aristoteles

Filsuf Yunani
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Nasihin Masha Terpilih Anggota DK PWI Pusat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Nasihin Masha, wartawan senior dan mantan Pemimpin Redaksi Harian Republika Rabu ( 1/7 ) ditetapkan sebagai Anggota Dewan Kehormatan PWI...

Jelang Penutupan Pendaftaran UMPTKIN 2020, UIN Alauddin Kokoh Di Urutan Kedua Kampus Paling Diminati

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Panitia nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menerbitkan surat edaran tentang perubahan sistem dan jadwal pelaksanaan...

Bupati Bersama Forkopimda Hadiri Upacara Hari Bhayangkara Ke-74 Secara Virtual di Mapolres Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Peringatan Hari Bhayangkara saat pandemi diselenggarakan secara virtual dari Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, Rabu (1/7/2020).

Panitia Pusat UTBK Unhas Gelar Sosialisasi Pengawas Secara Daring

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Hasanuddin sebagai Panitia Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menggelar Sosialisasi Tata Laksana Pengawasan UTBK – SBMPTN secara...

Dongkelor Lolos Kriteria Inovasi Penanganan Covid-19

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dongkelor memenuhi kriteria Inovasi Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) Kemenpan RB...

REKOMENDASI