Doa Malaikat untuk yang Mencari Nafkah dan Rajin Sedekah

Doa malaikat itu, doa yang mustajab. Di antara doanya, malaikat mendoakan yang memperhatikan nafkah keluarga dan gemar sedekah agar memperoleh keberkahan.

Dari Abu Hurairah, ia berkata , bahwa Nabi SAW betsabda, “ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ta Allah berikanlah ganti pada yang berinfak ( rajin memberi nafkah keluarga ). Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah atau memberi nafkah ). (HR Bukhari no 1442, dan Muslim no 1010).

Doa Malaikat

- Iklan -

Perlu dipahami bahwa doa malaikat adalah doa yang mustajab, benar-benar diijabahi atau dikabulkan. Doa tersebut ditujukan kepada orang yang mencari nafkah.

Ibnu Batthol menyebutkan bahwa, yang dimaksud adalah mengeluarkan infak, yang wajib seperti nafkah untuk keluarga, dan nafkah untuk menjalin hubungan kekerabatan (silarurrahim).

“Doa malaikat itu mudah terkabul”, kata Ibnu Batthol. Dalilnya adalah berikut ini :”Siapa yang bacaan aminnya itu, seiringan dengan bacaan aminnya malaikat, maka dosanya yang lalu diampuni” (HR Bukhari no 6402).

- Iklan -
Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Jumat, 14 Juni 2024: Majulah Terus! (1)

Mengeluarkan Nafkah dan Rajin Sedekah Diganti

Adapun dikatakan dalam hadist bahwa orang rajin bersedekah atau berinfak dan yang dimaksudkan adalah seperti kata Ibnu Batthol di atas, maka Allah akan memberi ganti padanya.

Berarti siapa yang beri nafkah pada keluarga, kerabat, dan rajin pula mengeluarkan sedekah sunnah maka malaikat akan mendoakan supaya orang tersebut mendapatkan ganti.

- Iklan -

Hal ini serupa seperti yang disebutkan dalam Al-Quran. “Katakanlah sesungguhnya Tuhanku, melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendakiNya, di antara hamba-hamba-Nya. Dan menyempitkan bagi siapa yang dikehensaki-Nya. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang sebaik baiknya” (QS Saba :39).

Maksud ayat tersebut, siapa saja yang mengeluarkan nafkah dalam ketaatan pada Allah, akan diberi ganti.

Dalam.hadist qudsi, dari Abu Hurairah radhyallahu anhu, “Nabi shallahu alaihi wasallam bersabda, “Allah Tabaraka wa Taala, wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu” (HR Bukhari no.4684, dan Muslim no 993).

Baca Juga:  Hikmah Dibalik Ibadah Kurban

Bagaimana yang Enggan Menunaikan Nafkah dan Sedekah

Sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi, rahimahullah ketika menjelaskan hadist doa malaikat di atas, dalam Syarh Shahih Muslim.

“Para ulama menyatakan bahwa infak yang dimaksud adalah infak dalam ketaatan, infak untuk menunjukkan akhlak yang mulia, infak pada keluarga, infak pada orang-orang yang lemah, serta lainnya. Selama infak tersebut tidaklah berlebihan alias boros.

Adapun enggan berinjak atau enggan mengeluarkan untuk nafkah dan semisal itu”.

Hadist yang dikaji, menunjukkan keutamaan orang yang memperhatikan nafkah pada keluarga dengan baik. Juga pujian bagi orang yang rajin sedekah.

Sedangkan yang enggan memberikan nafkah kepada keluarga, mendapatkan doa jelek dari malaikat, yaitu didoakan kebangkeutan dan kehancuran. (rumaysho.com / ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU