Doa mandi junub laki-laki, Jangan Sampai Salah

FAJAR Pendidikan

Doa mandi junub laki-laki, Jangan Sampai Salah, Doa mandi junub laki-laki perlu dipahami oleh seluruh pria di dunia yang memeluk agama Islam. Mandi junub ini juga dikenal dengan sebutan mandi wajib, ialah mandi yang dilakukan guna menghilangkan hadast besar.

Pada nantinya ini semata-mata agar ibadah yang dilakukan dianggap sah di mata Allah. Bagi kaum Adam, mandi junub wajib dilakukan apabila sudah melakukan hubungan badan atau keluar air mani dari kemaluan.

Para kaum muslim ini harus mengetahui tata cara beserta niat mandi junub yang baik dan juga benar. Dilansir dari Merdeka.com dari berbagai sumber, berikut adalah doa mandi junub laki-laki lengkap beserta dengan tata caranya yang perlu diperhatikan.

Syarat Pria Diwajibkan Mandi Junub

Setiap laki-laki beragama Islam yang sudah masuk dalam masa baligh wajib mengetahui tata cara dan juga niat dari mandi wajib atau junub. Tak ada manusia yang terlepas dari hadast besar.

Mandi junub merupakan salah satu cara agar pada nantinya ibadah bisa dilakukan dan dianggap sah di mata Allah. Hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al Maidah ayat, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْجُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ
كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْوَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ
اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat, 12 Agustus 2022, Singkat Tentang "Setiap Kesulitan Ada Kemudahan"

Terdapat beberapa hal syarat yang mengharuskan seseorang laki-laki wajib melaksanakan mandi junub. Antara lain ialah:

1. Melakukan hubungan intim atau bersetubuh (berlaku meski keluar mani atau pun tidak).

2. Keluar mani, baik karena mimpi basah atau pun sebab lain dengan segaja atau pun tidak disengaja. Ini juga berlaku untuk perbuatan sendiri atau pun bukan.

3. Orang yang memandikan jenazah (fardu kifayah), kecuali orang yang matis syahid.

Doa Mandi Junub untuk Laki-Laki

Doa mandi junub atau niat ini merupakan salah satu cara mandi wajib yang benar. Berikut ialah lafal doa atau niat mandi junub bagi laki-laki:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“BISMILLAHIRAHMANIRAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala.”.

Tata Cara Mandi Junub untuk Laki-Laki

Ada beberapa anjuran yang berbeda tentang tata cara mandi junub untuk laki-laki. Berikut ialah tata cara mandi junub dengan cara Nabi Muhammad menurut hadits Al Bukhari yang berbunyi:

“Dari Aisyah dia berkata, ‘Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki’,” (HR. Muslim).

BACA JUGA :   Kisah Sahabat Rasulullah, Utsman bin Affan yang Masih ‘’Jalan’’

Dengan adanya hadist tersebut, maka seperti inilah urutannya:

1. Basuh Kedua Tangan

Apabila Anda sudah membaca niat atau doanya, langkah pertama yang dilakukan adalah mencuci tangan. Ini dilakukan sebanyak tiga kali. Tujuannya adalah untuk menghilangkan najis yang ada di tangan.

2. Bersihkan bagian Kotor

Tuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, lalu Anda bisa membasuh kemaluan. Bersihkan pula beberapa bagian tubuh yang dianggap kotor. Setelah itu, jangan lupa untuk kembali membersihkan tangan (boleh dengan sabun).

3. Berwudhu

Langkah berikutnya ialah berwudhu, seperti yang biasa Anda lakukan saat hendak melaksanakan salat.

4. Basahi Kepala

Kemudian Anda bisa membasahi kepala dengan menyiram rambut sebanyak tiga kali sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Memisahkan rambut ini wajib dilakukan laki-laki dan sunah (mandub) bagi wanita.

Itu semua karena ada di dalam riwayat Ummu Salamah yang bertanya kepada Nabi Muhammad, “Aku bertanya, wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya, apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub? Maka Rasulullah menjawab, Jangan, sebetulnya cukup bagimu mengguyurkan air pada kepalamu 3 kali guyuran.”.

5. Basuh Seluruh Tubuh

Terakhir, Anda bisa mengguyurkan air ke seluruh tubuh atau badan di mulai dari sisi kanan dan dilanjutkan dengan sisi kiri.

6. Basuh Kaki

Apabila usai, basuh ke dua kaki sebelum keluar dari kamar mandi.

_____

Sumber : Merdeka.com

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI