Dosen Unibos Perkenalkan Teknologi Budidaya Cacing Penghasil Pupuk Kascing

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pupuk Kascing yang merupakan salah satu produk pupuk hasil dari olahan limbah cacing kali ini diperkenalkan dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos).

Dalam proses pembuatan pupuk tersebut, dosen Unibos Dr Abri, MP (Ketua) dan Dr Sanusi Fattah, M.Si juga memperkenalkan salah satu teknologi budidaya cacing penghasil olahan pupuk.

Pengenalan teknologi dan proses pembuatan pupuk kascing tersebut dilakukan di Desa Massila, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, Minggu, 22 September 2019.

- Iklan -

Pada kegiatan yang juga ditujukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat, tim dosen Unibos memberikan pelatihan kepada petani terkait pemanfaatan limbah cacing dari pertanian padi yang dipadukan dengan kotoran sapi untuk selanjutnya di proses menjadi kompos dengan teknologi Kascing.

Baca Juga:  LPM Penalaran UNM Adakan Talkshow dan Technical Meeting I PMP-OMK XXVII

“Kami ingin dengan program ini dapat mewujudkan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan potensi  dengan pemanfaatkan limbah pertanian. Sehingga masyarakat yang kami bina dapat menjadi kelompok wirausaha baru yang menghasilkan pupuk kascing  berkualitas tinggi yang siap untuk diaplikasikan dan  dipasarkan,” tutur Abri.

“Hasil lain yang dapat diperoleh dari pelatihan ini adalah kami sekiranya bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan produktivitas lahan pertanian di daerah dengan  mengintroduksi  usaha pembuatan pupuk kompos berkualitas tinggi dengan teknologi kascing,” tambahnya.

- Iklan -
Baca Juga:  HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar BINOM 2024 di Desa Lawallu

Di sini, sambungnya, juga diterapkan dengan teknologi serta metode  yang telah diuji coba di Unibos yang siap untuk diterapkan kepada masyarakat .

“Kami sangat tertarik dengan program ini karena komponen utama pembuatan produk baru ini adalah limbah hasil pertanian yang selama ini kami anggap tidak bermanfaat. Ternyata setelah dipadukan dengan komponen lain, ini bisa menjadi bentuk untuk memajukan usaha kami,” kata Muh Arsyad selaku Ketua Kelompok Tani Mamminasae yang ada di Desa Massila Kabupaten Bone.(FP/Rls)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU