Fakultas Peternakan Unhas Terima Bantuan 20 Ekor Sapi Perah dari Kementerian Pertanian

FAJAR Pendidikan

Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima bantuan 20 ekor sapi perah dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Penyerahan bantuan berlangsung di Kandang Pemeliharaan Ternak, Area Teaching Farm, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (28/12).

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Peternakan Unhas Prof. Dr. Ir. H. Lellah Rahim, M.Sc., IPU, M.Sc., menjelaskan secara umum Peternakan Unhas tidak hanya mendapatkan 20 ekor sapi perah.

Namun, juga ada 20 ekor kambing perah yang dijadwalkan akan diterima pada Januari mendatang.

Berhubung kambing perah tersebut berasal dari Australia, sehingga membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pendistribusiannya.

Lebih lanjut, ia menambahkan dengan bantuan sapi perah diharapkan mengoptimalkan tridarma perguruan tinggi, yaitu sebagai percontohan pengembangan dan pengembangbiakan sapi perah.

BACA JUGA :   FKM Unhas Sukses Gelar Workshop Tata Kelola Dinkes Toraja Utara

Terkait pemeliharaannya nanti, Prof. Lellah menuturkan akan melibatkan pihak eksternal dalam hal ini para kelompok peternak di Kabupaten Barru yang bermitra dengan Unhas di lokasi MBC.

Ini dilakukan untuk memaksimalkan proses perawatan utamanya ketersediaan pakan yang lebih banyak.

“10 ekor nanti dikelola langsung oleh Fakultas Peternakan, sisanya akan melibatkan para kelompok ternak kami di lokasi MBC yang ada di Kabupaten Barru.

Sapi dan kambing perah akan menghasilkan susu yang akan kita kelola secara optimal dengan olahan yang beragam. Dengan demikian, akan berdampak pada aktivitas peternakan Unhas yang semakin luas,” jelas Prof. Lellah.

BACA JUGA :   Mahasiswa KKN Tematik Stunting Lokus Kabupaten Gowa Ikuti Pelatihan KAP

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan apresiasi atas berbagai capaian dan aksi nyata yang dilakukan Fakultas Peternakan Unhas dalam mendorong peningkatan hasil peternakan dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

Menurut beliau, hal ini sejalan dengan kehadiran Unhas yang ingin memberikan kontribusi terbaiknya kepada masyarakat.

Kehadiran sapi perah di Unhas akan semakin memaksimalkan berbagai aktivitas peternakan dan berdampak positif terhadap masyarakat.

Ia juga memberikan gambaran mengenai capaian dan fasilitas peternakan yang dikelola oleh Unhas.

Penyerahan bantuan sapi perah yang dirangkaikan dengan acara syukuran atas capaian perolehan akreditasi program studi S1 Peternakan dari akreditas A menjadi Unggul.(*)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI