Farmasi Unhas Gelar Pelatihan SIKOLA: ‘Sistem Pembelajaran Elektronik Yang Lebih Canggih’

CITIZEN, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Farmasi Unhas menggelar pelatihan pembelajaran blended learning dan Sosialisasi Sikola dengan menghadirkan Kepala Pusat Media Pembelajaran, Sumber-Sumber Belajar dan E-Learning Dr Yusring Sanusi B, SS MApp Ling sebagai fasilitator di Aula Pertemuan Fakultas Farmasi (6/2).

Subehan SSi MPharmSc PhD Apt, selaku Dekan Fakultas Farmasi Unhas mengharapkan agar seluruh dosen dan mahasiswa bisa memahami aplikasi ini dengan baik, untuk menunjang proses akademik, khususnya di Fakultas Farmasi dengan menggunakan teknologi.

“Sikola merupakan salah satu kebutuhan dosen dan mahasiswa saat ini untuk menunjang proses pembelajaran di kelas secara daring dan luring. Kami berharap agar hari ini mendapat pencerahan dan pendalaman materi sehingga nantinya bisa diterapkan di Fakultas Farmasi” ujarnya.

- Iklan -

Kegiatan pelatihan pembelajaran blended learning dan Sosialisasi Sikola ini dihadiri oleh semua dosen di Fakultas Farmasi. Menariknya, pelatihan ini tidak hanya membekali peserta dengan teori, tetapi langsung menerapkan dalam sistem Sikola.

Sikola merupakan singkatan dari Sistem Kelola Pembelajaran), yang merupakan pengembangan dari LMS (Learning Management System). LMS merupakan suatu sistem e-learning (pembelajaran elektronik) untuk sivitas akademik Universitas Hasanuddin. Dari segi tampilan, maka Sikola jauh lebih unggul karena memuat menu-menu baru serta tambahan fitur-fitur baru yang lebih menarik.

Baca Juga:  Islam dan Hak Asasi Manusia

Dr Yusring Sanusi B, SS M AppLing, selaku Kepala Pusat Media Pembelajaran, Sumber-Sumber Belajar dan E-Learning menyampaikan kepada peserta mengenai keunggulan Sikola dibandingkan dengan LMS.

- Iklan -

“Pemilihan nama ‘Sikola’ tentunya akan lebih mudah diingat karena sesuai dengan bahasa lokal kita. Banyak keunggulan atau kelebihan pada Sikola dibandingkan dengan LMS. Ibaratnya kita berpindah dari mobil tua ke mobil baru, dimana menu dan fitur di mobil lama, kita pindahkan dan kembangkan lebih menarik di mobil baru. Lebih dari itu, dosen dan mahasiswa yang selama ini familiar dengan LMS, akan lebih mudah memahami Sikola” ujarnya.

Lebih lanjut, Dr Yusring Sanusi B, SS M AppLing memaparkan model pembelajaran blended learning dan keberadaan Sikola. Menurutnya blended learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, serta merupakan kombinasi pengajaran bertemu langsung di kelas secara tatap muka (luring) dengan pengajaran online (daring). Menariknya, dengan aplikasi Sikola, maka mahasiswa sudah bisa mengunduh materi perkuliahan sebelumnya sehingga dalam kuliah nantinya lebih banyak mendiskusikan solusi dari permasalahan.

Baca Juga:  UIN Alauddin Makassar Terakreditasi Unggul

“Keberadaan Sikola sangat mendukung untuk proses pembelajaran secara daring (on line) dengan peserta jarak jauh melalui video konfrensi. Proses pembelajaran bisa diikuti oleh banyak mahasiswa. Menariknya dalam Sikola, kita bisa membuat prasyarat untuk mahasiswa sebelum mengikuti ujian. Misalnya, mahasiswa tersebut hanya bisa mengikuti ujian jika telah membaca dulu referensi yang diberikan. Mahasiswa tidak akan bisa lanjut, jika tidak menyelesaikan dulu tugas yang diberikan” ujarnya.

- Iklan -

Setelah penyampaian materi, Dr Yusring Sanusi B, SS M AppLing selanjutnya memandu peserta pelatihan untuk menerapkan langsung dalam sistem Sikola.

Beberapa panduan yang telah dikerjakan bersama meliputi cara login ke sistem Sikola; cara menambah tim dosen matakuliah; cara memindahkan bahan ajar dari LMS ke Sikola; cara mendaftar pada matakuliah semester dan membuat kelas paralel; cara membuat tugas dan tes matakuliah; cara membuat alur pembelajaran. Dalam sesi terakhir, pemateri seolah-olah sebagai dosen dan peserta kegiatan sebagai mahasiswa yang selanjutnya melakukan video konfrensi.

“Panduan penggunaan Sikola dapat ditonton melalui video yang tersedia pada menu homepage. Jangan lupa agar disubscribe ya” ujar beliau yang disambut riuh sama peserta.

Penulis: Aminullah, Humas Fakultas Farmasi Unhas

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU