FKM Unhas dan Indohun Kenalkan One Health Hadirkan 4 Pembicara

FKM Unhas dan Indohun Kenalkan One Health Hadirkan 4 Pembicara

Indohun dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar Kuliah Tamu (Guest Lecture) Pengenalan One Health dengan mengusung tema: “Pengenalan One Health Sebagai Pendekatan dalam Berkolaborasi Lintas Sektor dalam Penyelesaian Masalah Kesehatan” di Auditorium Prof A Amiruddin Unhas. Kamis 15 September 2022.

Kuliah tamu ini menghadirkan empat pembicara antara lain Prof Dr Anwar Daud, SKM MKes (Guru Besar Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Universitas Hasanuddin);

dr Dian Puspita Sari, M Med Ed (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram);

Prof Dr dr Muhammad Syafar, MS (Guru Besar Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin);

Prof Dr drh Fedik Abdul Rantam (Sekertaris Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga.

Keempat pembicara membawakan materi seputar One Health.

Sebelum kuliah tamu dibuka oleh Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K) selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswa, terdapat sambutan-sambutan diantaranya Kordinator  Indonesia One Health University Network (Indohun) Prof dr Agus Suwandono, MPH DrPH dan Direktur Belmawa, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek Dr Ir Sri Gunani Pratiwi, MT.

BACA JUGA :   Awali Pembangunan Tahap Dua Kampus II UT Makassar, Graha Telkom Property Gelar Syukuran

“One Health adalah upaya integratif dari berbagai disiplin yang bekerja secara lokal, nasional dan global untuk mencapai kesehatan yang optimal bagi manusia, hewan dan lingkungan namun saat ini belum banyak dilakukan di Indonesia,” tutur Prof Dr Anwar Daud, SKM MKes selaku pembicara

Sementara itu, dr Dian Puspita Sari, M Med Ed sebagai pembicara menjelaskan walau manusia sehat, jika lingkungan rusak, maka manusia hanya menunggu waktu untuk sakit pula.

“Karena sesungguhnya kesehatan itu saling bergantung baik pada lingkungan, hewan dan manusia. Untuk itu pentingnya dilakukan pendekatan One Health,” terangnya.

BACA JUGA :   Menyongsong Dies Natalis Ke-40, FKM Unhas Gelar Perlombaan Olahraga dan Seni

Lain lagi dengan Prof Dr dr Muhammad Syafar, MS. Ia menyebutkan dalam konsep kesehatan masyarakat, perlu dilakukan kolaborasi.

Dimana hal ini serupa dengan konsep One Health yang menyangkut manusia, lingkungan dan hewan.

Senada dengan itu, Prof Dr drh Fedik Abdul Rantam menjelaskan, pendekatan One Health sangat relevan untuk keamanan pangan dan air, nutrisi;

Pengendalian zoonosis, pengelolaan polusi, dan memerangi resistensi antimikroba. Untuk mencapai kesehatan optimal bagi manusia, hewan dan lingkungan.

Oleh karena itu, sangat diharapkan kuliah tamu yang di moderatoir oleh Dr Wahiduddin, SKM MKes selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKM Unhas ini, dapat memperkaya pengetahuan, sikap dan praktek mahasiswa kesehatan mengenai pendekatan One Health.

Serta menjelaskan bagaimana pentingnya kolaborasi dengan pendekatan One Health agar dapat mencapai kesehatan yang optimal bagi manusia, hewan dan lingkungan.