Jumat, Agustus 6, 2021

Hari Anak Nasional 2021: Sejarah dan Harapan Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Hari Anak Nasional 2021 diperingati besok, tanggal 23 Juli 2021. 

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Hari Anak Nasional merupakan momen yang tepat untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang, serta berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, dan juga mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Sejarah Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli memiliki sejarah yang cukup panjang. Jejak rekam embrio Hari Anak Nasional sudah tergurat sejak berdirinya Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang diresmikan pada tahun 1946 silam.

Dalam sidang Kowani pada tahun 1951, diputuskan beberapa kesepakatan, salah satunya adalah mengupayakan penetapan Hari Kanak-Kanak Nasional.

Atas usulan Kowani, pada tanggal 6 Juni ditetapkan sebagai Hari Kanak-Kanak Indonesia. Alasannya, selain bertepatan dengan hari lahir Presiden RI Soekarno (1 Juni 1901), tanggal tersebut juga berdekatan dengan perayaan Hari Anak Internasional.

Kemudian, berakhirnya era Soekarno yang digantikan oleh rezim Orde Baru memunculkan perubahan pula terhadap cukup banyak hal di negeri ini. Termasuk tanggal peringatan Hari Anak di Indonesia.

Hingga akhirnya, Presiden ke-2 RI, Soeharto, mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Baca Juga :   Olimpiade Tokyo 2020 : Rahmat Erwin Abdullah Lifter Peraih Mendali Perunggu Ternyata Asal Makassar

Pemilihan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979. Maka, tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional hingga saat ini.

Tema Peringatan Hari Anak Nasional 2021

Mengutip Kata Pengantar oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA), pesan Hari Anak Nasional menjadi tantangan tersendiri di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Pasalnya, anak menjadi kurang memiliki kesempatan dalam bermain dan belajar, serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemi.

Meski demikian, di tengah tantangan di tengah pandemi ini, semangat dan perayaan Hari Anak Nasional 2021 tidak pernah surut. Maka dari itu tema Ppringatan Hari Anak Nasional 2021 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline #AnakPedulidiMasaPandemi.

Kementarian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menetapkan beberapa sub-tema untuk peringatan Hari Anak Nasional 2021, yaitu:

  • Anak Cerdas Terliterasi
  • Anak Gembira dengan Asah, Asih, Asuh
  • Anak Sehat dan Gembira
  • Anak Cerdas, Kreatif dan Informatif
  • Anak Resiliensi Tangguh dengan Kasih sayang.
Baca Juga :   PPKM Level 4 Diperpanjang, Bansos Harus Meningkat

Ucapan Hari Anak Nasional 2021

Mari berikan semangat kepada semua orang untuk menjaga anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dengan ucapan berikut ini:

  1. Selamat Hari Anak Nasional. Hari Anak adalah hari untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa. Anak adalah peta yang memberikan cahaya kebanggaan dan petunjuk untuk masa depan yang jelas dan lebih baik.
  2. Selamat Hari Anak Nasional, jayalah terus anak-anak Indonesia.
  3. Kepedulian terhadap anak dalam bentuk peringatan Hari Anak janganlah sebatas kata dan ucapan saja. Namun kita hendaknya dapat mewujudkan kepedulian dalam sikap nyata. Selamat Hari Anak Nasional 2021.
  4. Anak-anak adalah masa depan bangsa. Perlindungan terhadap anak adalah tugas penting semua pihak. Selamat Hari Anak Nasional 2021.
Baca Juga :   Olimpiade Tokyo 2020 : Rahmat Erwin Abdullah Lifter Peraih Mendali Perunggu Ternyata Asal Makassar

Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, jangan sampai anak-anak Indonesia menjadi putus asa. Melainkan mereka tetap semangat dalam belajar meskipun harus dari rumah saja.

Demikia penjelasan singkat tentang Hari Anak Nasional 2021 yang akan diperingati besok 23 Juli 2021. Selamat Hari Anak Nasional 2021.

.

Pemkot Makassar Gelar Simulasi Akhir Isolasi Apung di KM Umsini

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Walikota Makassar, Danny Pomanto bersama seluruh jajarannya, menggelar simulasi pengoperasian Isolasi Apung Kapal Pelni KM Umsini, di dergama Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar,...

Bulukumba Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak Madya

Bulukumba, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kabupaten Bulukumba kembali menorehkan catatan keberhasilan dalam penilaian sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2021. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan...

Danny Pomanto Lakukan Penandatanganan Kerja Sama dengan KM Umsini

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto di hadapan Dirjen Perhubungan Laut RI memaparkan konsep isolasi apung terpadu yang memanfaatkan KM Umsini...

Akhirnya DPRD Kota Makassar Sahkan Perubahan Status PD Pasar Menjadi Perumda Pasar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menggelar rapat paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, dan sekaligus mengesahkan Rancangan Peraturan...

Jadikan RSUD Daya Makassar Rumah Sakit Covid 19, Danny Tambah Ketersediaan Tempat Tidur

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Walikota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar. Rabu (4/8/2021). Peninjauannya di rumah sakit milik pemerintah Kota...

4 Tahun Menjabat, Dr Salam akan Lepas Jabatan Sebagai Kadisdik Gowa

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Telah menjabat selama 4 tahun, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Gowa akan melepas jabatannya, kemudian akan focus menjadi dosen, Salam sampaikan hal itu...

.

.

.

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

.

Wali Kota Makassar Ingatkan Pentingnya Berbagi Informasi Kesehatan dan Waspada Penyebaran Covid 19

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kondisi dewasa ini yang masih bergelut dengan penyebaran virus covid-19 menjadi ketakutan semua pihak. Olehnya itu Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto...

UIM Gelar Teknik Expo 2021, Wali Kota Makassar Turut Hadir dan Harapkan Tetap Lestarikan Budaya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menyempatkan hadir dalam kegiatan teknik expo 2021 yang di adakan oleh Fakultas Teknik Universitas Islam...

UNM Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur RPL Bagi Masyarakat Putus Kuliah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka penerimaan mahasiswa Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang digagas Kemendikbud Ristek...

Kampus Berkelas Dunia, ITB Resmi Luncurkan Program International Virtual Course (IVC)

Bandung, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Institut Teknologi Bandung(ITB) resmi meluncurkan program International Virtual Course (IVC) tahun 2021. Program ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program...

PPKM Level 4 Diperpanjang, Bansos Harus Meningkat

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Anggota Komisi X DPR Netty Prasetiyani memahami perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 adalah pilihan sulit yang harus diambil pemerintah. Dari aspek...

.