Foto: Int

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Dr Yuen Kwok Yang, dokter yang terkenal dulu menangani SARS, memberikan tips, antisipasi virus Corona.

Hindari bepergian ke China dalam waktu dekat. Jika bepergian dengan pesawat, gunakan masker. Selalu sediakan pembersih tangan dan tissue basah.

Menurut Dr Yuen, virus “Coronavirus” menyerupai SARS. Namun dengan time OC43, belum ada penanganan khusus untuk terapi virus ini.

Virus ini bisa memasuki tubuh melalui tenggorokan. Karena itu, usahakan agar tenggorokan tetap moist dan tetap lembab. Jangan sampai tenggorokan terasa kering. Bila dalam 10 menit kering, virus ini bisa memasuki tenggorokan dan menimbulkan manifestasi. Bila tenggorokan terasa kering, disarankan, untuk orang dewasa minum 50 sampai 80 CC air hangat. Untuk anak anak, 30 sampai 50 CC.

Hindari tempat umum seperti transfortasi publik, MRT, kereta api dan sarana publik lainnya. Kalau terpaksa, gunakan masker. Hindari gorengan terlalu banyak dan minum banyak vitamin C.

Baca Juga :   Gubernur Kasel Siap Sumbang 300 Ribu Ha Untuk Ibukota Negara

Bila memasuki pesawat, sebaiknya melap meja dan pegangan di kursi pesawat. Usahakan jangan menyentuh handle bukaan pintu toilet secara langsung. Minimal dilapisi tisu atau tisu basah. Hindari sering menyentuh hidung atau muka.

Kenali gejalanya. Demam tinggi dan cepat naik, sukar turun. Tahap berikutnya, batuk batuk dan nyeri tenggorokan. Batuk biasanya kering dan 2 sampai 7 hari setelah demam.

Untuk orang dewasa, paling sering terkena tenggorokan disertai nyeri kepala dan otot. Untuk anak anak, manifestasinya, sesak nafas, diare dan manifestasi gawat lainnya. Seperti pneumonia gagal ginjal dan kematian. (dr Ika Devi/ana)