Kamis, Agustus 5, 2021

Ingin Dapat Nilai Ujian Maksimal? Ini Waktu Paling Efektif untuk Belajar

Secara logika saja, kalau kamu belajar di malam hari itu pasti sudah tidak fokus.

Mau di jenjang SD, SMP, SMA, hingga perkuliahan pun, kalau mendengar kalimat, “Besok akan dilaksanakan ujian tengah semester (UTS)” dari guru atau dosen, maka yang terlintas di pikiran siswa dan mahasiswa ialah langsung panik dan sesegera mungkin mempelajari materi yang akan diujikan besok.

Namanya ujian itu segala sesuatunya emang harus dipersiapkan ya. Pasti malu dan ngerasa bersalah nggak sih pas setelah ulangan selesai dan tahu-tahunya nilai kamu di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal)? Kamu siap-siap deh menerima serangkaian ceramah dari orang tua kamu. Yaa… itu karena bentuk kekesalan mereka terhadap kamu yang mungkin saja kamu belum maksimal dalam belajarnya.

Ngomong-ngomong soal belajar secara maksimal, ada kaitannya nih dengan pemilihan waktu belajar. Kebanyakan dari kamu pasti belajar saat malam hari pas besoknya mau ujian kan? Nah, sistem belajar ini dikenal dengan sistem kebut semalam. Sistem ini dipercaya bisa membuat hafal dan paham materi yang akan diujikan besok. Tapi, apa benar demikian?

Secara logika saja, kalau kamu belajar di malam hari itu pasti sudah tidak fokus. Ini dikarenakan dari pagi hingga sore, pastinya kamu banyak kegiatan dong? Mulai dari sekolah, main ke rumah teman, sampai pergi ke tempat bimbel. Harusnya sih waktu untuk pergi ke tempat bimbel bisa kamu hilangkan. Yaps, pake ruangbelajar deh. Kamu bisa belajar dengan Master Teacher dengan penjelasannya yang menarik menggunakan animasi yang keren lho.

Baca Juga :   Bangun Karakter Mandiri, TK Islam Athirah Lakukan Program Bina Diri Peserta Didik

Tuh, coba lihat deh. Siswa-siswi di Padang disarankan oleh kepala sekolahnya untuk mengulang pelajaran di waktu subuh. Kenapa nggak pas malam? Kalau ditelusuri lebih lanjut lagi, terlebih dari sisi medis, mengulang pelajaran yang akan diujikan pada waktu subuh itu ternyata lebih efektif, lho. kok bisa?

Begini, ketika kamu belajar saat waktu subuh, anggaplah sekitar pukul 5 pagi, kamu baru bangun tidur kan tuh? Nah, di saat kamu baru bangun itu otak belum mendapat rangsangan apa pun. Istilahnya masih fresh-lah. Kondisi otak yang seperti itulah sangat baik untuk dimanfaatkan untuk belajar. Otak akan menerima rangsangan dari apa yang kamu baca atau lihat. Dengan demikian, saat ujian waktu paginya, kamu masih hafal dengan apa yang kamu baca waktu subuh tadi.

Baca Juga :   Yuk! Intip Universitas Fajar Sebagai Salah Satu Kampus Swasta Unggulan di  Kota Makassar

Lalu bagaimana membiasakan bisa bangun sekitar jam 4 atau jam 5 pagi?

Gampang. Paling nggak ada dua cara utama untuk mencoba memulai belajar di waktu pagi. Pertama, jangan tidur terlalu malam. Apalagi sampai begadang. Nggak perlu tuh nonton drama, atau buka YouTube sampai berjam-jam hanya untuk menonton Lee Dong Wook beradu peran dengan Yoo In-na. Mencoba tidur lebih awal sangat baik supaya kamu bisa bangun lebih awal juga

Baca Juga :   Wujudkan Makassar Kota Santri, Danny Pomanto Harap Penguatan Pendidikan Al Qur’an

Kedua, kamu bisa memasang alarm di handphone kamu untuk membantu kamu bangun lebih pagi. Pastikan posisi handphone kamu tidak berada di samping bantal dan atur dengan volume paling tinggi. Ini berguna supaya saat alarm berbunyi kamu tidak langsung mematikannya.

Jadi, kamu sekarang sudah tahu kan waktu yang paling efektif untuk belajar? Mulai sekarang yuk perlahan-lahan ubah waktu belajar kamu yuk. Dengan belajar di waktu pagi memudahkan pemahaman konsep dan tentunya materi yang kamu pelajari akan lebih tepat.

.

Selain Gaungkan Tagar Bangga Melayani, Ini Upaya Wujudkan ASN Berahklak di Bone

Bone, FAJARPENDIKAN.co.id- KPPN Watampone kembali menggelar kegiatan briefing bertempat di Ruang Pelayanan (FO) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yang diikuti oleh seluruh pegawai dan...

Pasca Vidio Viral, Pesepeda di Makassar Mendapat Bantuan oleh Kemensos

Makassar, FAJARFPENDIDIKAN.co.id - Pasca video viral yang menjadi sorotan, korban kecelakaan sepeda, Rabu (28/7) lalu, Wawan mendapat kunjungan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang diwakili...

Pemkot Makassar Gelar Simulasi Akhir Isolasi Apung di KM Umsini

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Walikota Makassar, Danny Pomanto bersama seluruh jajarannya, menggelar simulasi pengoperasian Isolasi Apung Kapal Pelni KM Umsini, di dergama Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar,...

Dalam Rangka Memperingati HUT RI ke 76, Pemprov Sulsel Gelar Rapat Koordinasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 76...

Walikota Makassar Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Walikota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto bersama Wakilnya Hj. Fatmawati Rusdi mengikuti Zikir dan Doa Kebangsaan 76 tahun Indonesia merdeka secara virtual...

Akhirnya DPRD Kota Makassar Sahkan Perubahan Status PD Pasar Menjadi Perumda Pasar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menggelar rapat paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, dan sekaligus mengesahkan Rancangan Peraturan...

.

.

.

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

.

UIM Gelar Teknik Expo 2021, Wali Kota Makassar Turut Hadir dan Harapkan Tetap Lestarikan Budaya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menyempatkan hadir dalam kegiatan teknik expo 2021 yang di adakan oleh Fakultas Teknik Universitas Islam...

UNM Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur RPL Bagi Masyarakat Putus Kuliah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka penerimaan mahasiswa Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang digagas Kemendikbud Ristek...

Kampus Berkelas Dunia, ITB Resmi Luncurkan Program International Virtual Course (IVC)

Bandung, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Institut Teknologi Bandung(ITB) resmi meluncurkan program International Virtual Course (IVC) tahun 2021. Program ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program...

PPKM Level 4 Diperpanjang, Bansos Harus Meningkat

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Anggota Komisi X DPR Netty Prasetiyani memahami perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 adalah pilihan sulit yang harus diambil pemerintah. Dari aspek...

.