IPB University Buka Fakultas Kedokteran

FAJAR Pendidikan

IPB University akan membuka Fakultas Kedokteran (FK). Salah satu latar belakang pendiriannya adalah masih tingginya minat lulusan SMA untuk menjadi dokter.

Rektor IPB University Prof Arif Satria menyampaikan, IPB University bukan pemain baru dalam dunia medis. IPB University memiliki relasi erat, terbukti dari riset-risetnya yang banyak berkaitan dengan medis, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Selain itu minat lulusan SMA yang masih sangat tinggi untuk menjadi dokter merupakan latar belakang berdirinya Fakultas Kedokteran IPB University. Keunggulan Fakultas Kedokteran yang akan didirikan oleh IPB University yaitu pendidikan dokter agromaritim berbasis one health. Sampai saat ini proses pendirian Fakultas Kedokteran sudah mencapai pembahasan di Senat Akademik IPB University,” ujarnya, dikutip dari laman resmi IPB, Jumat (4/1/2022).

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III Posko 18 FKM Unhas di Desa Bontokassi Gelar Seminar Sosialisasi

Menurut Rektor, membuka Fakultas Kedokteran merupakan bagian dari interest/minat yang saat ini sangat berhimpitan dengan agromaritim. “Agromaritim tidak hanya bicara pertanian, tidak hanya bicara energi, tidak hanya bicara biomaterial, tetapi juga kesehatan,” ucapnya.

Ia menambahkan, saat ini Indonesia didominasi obat-obatan impor. Padahal kita tahu bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati luar biasa. Hal ini dapat menjadi modal bagi sektor agromaritim untuk mendukung menuju kedaulatan kesehatan.

“Contohnya, program studi ilmu gizi, biologi, biokimia dan lain-lain. Selain itu ada sekitar 114 inovasi IPB University yang terkait biomedis. Contohnya adalah inventpro, produk Polymerase Chain Reaction atau PCR yang harganya jauh lebih murah. IPB University juga bisa menciptakan kit untuk mengukur antibodi. IPB University juga punya ahli bayi tabung. Tidak hanya itu dokter-dokter manusia dari rumah sakit di Indonesia banyak yang melanjutkan studi ke IPB University untuk Program Pendidikan S2 dan S3. Ini semakin mengukuhkan peran IPB masuk dunia Kesehatan,” jelasnya.

BACA JUGA :   UKI Toraja dan Unpacti Makassar Jalin Kerjasama Institusi, Fakultas, dan Prodi

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan adanya Fakultas Kedokteran, karya-karya IPB University di bidang medis akan mendapatkan legitimasi. “Banyak karya di bidang medis, ini adalah gongnya. IPB University sudah sejak lama punya kompetensi di bidang kesehatan. Ini adalah harapan besar dari publik,” pungkasnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI