Senin, Desember 6, 2021

Jangan Panik ! Cukup Lakukan Hal Ini Bila ATM Tertelan

Perkembangan teknologi di Negara ini telah sangat maju, begitu pula dengan teknologi dalam dunia perbankan yang semakin canggih. Tak perlu lagi berhadapan dengan seorang Teller dalam rangka melakukan penarikan tunai, menyetor dan transfer serta sekedar memeriksa saldo rekening anda.

Pada zaman ini, teknologi perbankan sangat membantu mempermudah akses pelayanan melalui Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine (ATM). Namun, pernahkan kamu mengalami kendala seperti kartu ATM tertelan oleh mesin ATM ?

Apabila Kartu ATM tertelan dapat saja terjadi kepada siapapun dan kapanpun dan entah disebabkan oleh rusaknya mesin, kendala jaringan, listik yang padam, kelalaian nasakah atau bahkan sebuah modus kejahatan mengintai anda.

Jika mengalami kejadian kartu ATM tertelan, apapun penyebabnya tidak perlu panik, cobalah untuk tetap tenang. Jangan mudah terlena pada orang asing yang berpura-pura menawarkan bantuan. Lakukan langkah-langkah berikut jika kartu ATM Anda tertelan.

1. Hubungi call center 

Pastikan Anda menghubungi nomor call center yang benar. Nomor telepon Call Center tertera pada tiap medin ATM (Bukan nomor telepon yang disertai kode provider). Segera hubungi call center untuk meminta pemblokiran kartu ATM ataupun rekening. Hal ini dapat dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya modus kejahatan yang mungkin saja terjadi

2. Datang ke Bank terdekat untuk membuat kartu ATM baru

Pastikan anda membawa buku tabungan dari ATM yang tertelan beserta kartu identitas anda. Sebagai pengganti kartu ATM yang tertelan, Anda perlu membuat kartu ATM baru. Nah, untuk ini Anda harus datang langsung ke bank terkait terdekat atau cabang di mana Anda membuka rekening tabungan. Untuk keperluan pembuatan kartu ATM baru, Anda harus melengkapi persyaratan standar berupa kartu identitas diri berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan buku tabungan.

3. Mengisi formulir pengajuan penerbitan kartu ATM baru

Petugas customer service akan melakukan verifikasi data Anda dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar data diri Anda seperti nama dan alamat lengkap, nama ibu kandung, dan lokasi tertelannya kartu ATM. Setelah terverifikasi, petugas customer service akan memberikan formulir pengajuan penerbitan kartu ATM baru yang harus Anda isi. Isilah formulir tersebut sesuai dengan data diri Anda.

Mudah bukan? Bersikap tenang dan tetap berpikiran positif akan sangat membantu dan terhindar dari kemungkinan yang dapat merugikan diri anda sendiri

 

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI