ADV A1

K3S Gelar Bimtek K13, Guru Diminta Kembangkan Kompetensi Ini

FAJAR Pendidikan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Zona Empat meliputi Kecamatan Bengo, Lapri, Lamuru dan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, menggelar bimbingan teknik (bimtek) Kurikulum 2013 (K13) di SD Inpres 3/77 Tungke, Bengo, Senin (29/7/2019).

Hadir sebagai peserta Ka UPT sebanyak 70 orang dan guru kelas sebanyak 149 orang. Mereka dibagi dalam enam ruangan.

Kegiatan yang berlansung selama tiga hari kedepan ini, dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bone Nur Salam SPd MPd.

Nur Salam pada kesempatan tersebut mengingatkan kepada para guru untuk mengembangkan kompetensinya. Menurutnya, Guru harus mengembangkan empat kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi Keproibadian dan Kompetensi Sosial.

BACA JUGA :   Wartawan Senior Makassar Polisikan Ketua Umum PWI Pusat

Komptenesi pedagogik, lanjutnya, adalah kemampuan guru untuk memehami peserta didik, menguasai metode pembelajaran dan menyususn pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak didik. Sedangkan kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam menguasai subtansi materi pelajaran yang diajarkan.

“Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan guru untuk bisa menjadi teladan bagi anak didiknya, berwibawa dan memiliki kharisma dimata anak didiknya. Adapun kompetensi sosial adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan semua stake holder,”terang Nur Salam kepada FAJAR PENDIDIKAN.

Selain itu, Nur Salam menegasan, sejatinya hasil bimtek hanya bermakna apabila diterapkan setelah kembali ke sekolah masing-masing. Olehnya itu, Ia berharap setelah bimtek segera diterapkan di sekolahnya.

BACA JUGA :   Halal Bihalal KKB Sulapa Eppae Pererat Tali Persaudaraan

“Pengetahuan yang dimiliki dikegiatan bimtek ini tidak ada artinya kalau hanya sekedar pengetahuan pribadi tanpa diterpakan ke anak didik,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Zona Empat yang juga sebagai Ketua K3S Bengo Nursang SPd. Ia mengatakan tujuan dari bimtek tiada lain agar para guru semakin mantap dalam mendidik anak didiknya di sekolah.

“Bimtek K13 ini, tujuannya untuk memantapkan penerapan Kurikulum 13 (K13 ) di SD (khususnya wilayah Kecamatan Bengo, Lapri, Lamuru, dan Tellu Limpoe),” pungkasnya.

Reporter: Abustan

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI