Kebajikan Lahir dari Kelembutan

Kebajikan tak akan lahir dari hati yang keras, sebagaimana benih tak akan tumbuh di atas batu. Lembutkanlah hati dalam.menerima setiap nasehat dan kebaikan. Tebarkan kasih sebagai wujud ketaatan kepada Allah Robb semesta alam.

Salah satunya adalah beramal kebajikan untuk bekal dunia akherat. Melalui donasi, infak, sedekah jariyah, pengembangan syiar dakwah Islam baik melalui media sosial, maupun info info Islam dan nasehat agar konten dakwah ilmu semakin menarik.

Juga dengan berbagi.makanan atau minuman, untuk orang yang berpuasa. Sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan.

- Iklan -

Penyaluran fidyah bagi yang berhutang Ramadhan. Donasi pendirian yayasan Rumah Quran. Orang yang membuat sumur.orang yang menanam pohon buah buahan. Orang yang membangun mesjid. Orang yang memberi mushaf al Quran. Serta orang yang meninggalkan seorang anak yang senantiasa mendoakan, memohonkan ampun untuknya setelah dia wafat. ( HR. Al Bazzar dalam Musnadnya 7289 Al Balhaqi dalam Syuabul Iman 3449 dan lainnys)

Baca Juga:  Hukum Bersedekah dengan Uang Haram

Tolak Bala dengan Doa dan Sedekah

Rasukullah SAW bersabda, ” Carilah keridhaabku dengan berbuat baik kepada orang orang lemah (fakir miskin, yatim) kalian. Karena kalian diberi rezeki , dan ditolong disebabkan orang orang lemah kalian”. “Sesunguhnya Allah akan menolong umatNya dengan sebab orang orang yang lemah dari mereka. Yaitu dengan doa, salat dan keichlasan mereka” (HR. An Nasa’i).

- Iklan -

“Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga harta, jiwa, anak dan tetangganya, bisa dihapus dengan puasa, salat, sedekah , dan amar ma’ruf nahi mungkar”. (HR. Bukhari dan Muslim, hadist shahih).

Baca Juga:  Bagaimana Kalau Lupa Bayar Zakat?

Rasulullah juga bersabda, ” Jaga harta kalian dengan zakat, obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah , dan tolaklah bala’ dengan doa”. ( HR. Thabrani ).

Apabila tidak memiliki apapun untuk didedekahkan, cukuplah berkata kata yang baik, mendoakan. Menyebsrkan ilmu. Akan mendapat pahala dengan kebajikannya.

- Iklan -

Sabda Radukullah, ” Barang siapa yang jngin amalannys tidak terputus setelah kematiannya maka hendaklah ia membantu menyebarkan ilmu”.

Nabi SAW juga bersabda, ” mayat diikuti oleh tiga perkara.” Keluarga harta dan amalnya. Dua perkara akan pulang kembali, dan yang satu akan tinggal bersamanya, adalah amalnya. (Info Islam & Nasehat /Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU