Keistimewaan Nabi Yunus, 40 Hari Hidup Dalam Perut Paus

FAJAR Pendidikan

Keistimewaan Nabi Yunus Alaihissallam menarik di ketahui semua Muslim. Banyak pelajaran berharga tersemat di dalamnya dan bisa di jadikan panduan dalam kehidupan masa kini.

Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan mukjizat kepada para nabi dan rasul. Ini sebagai tanda kebesaran dan mengingatkan umat agar lebih bertakwa.

Salah satunya adalah Nabi Yunus Alaihissallam. Ia diberi mukjizat yang sangat luar biasa sehingga sulit di jelaskan oleh nalar manusia biasa.

Keistimewaan yang di terima Nabi Yunus Alaihissallam adalah bisa selamat setelah di telan ikan paus yang sangat besar di lautan. Secara logika memang sangat aneh, akan tetapi hal itu atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala.

Lantas, mengapa Nabi Yunus Alaihissallam sampai di telan ikan paus besar? Padahal, ia adalah utusan Allah Azza wa Jalla dan termasuk manusia terpilih.

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Jumat 24 Juni 2022: Doa Yesus untuk Para Murid

Ilustrasi kisah mukjizat Nabi Yunus Alaihissallam selamat meski di telan ikan paus selama 40 hari.

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Kamis (25/11/2021), awalnya Nabi Yunus Alaihissallam di utus oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk mengajak penduduk Nainawi, yaitu suatu kota besar yang terletak di negeri Mausul (Mosul) Irak beriman kepada Allah Ta’ala.

Namun, ajakan Nabi Yunus Alaihissallam itu di tolak oleh penduduk Nainawi dan tetap tenggelam di dalam kekafirannya.

Maka Yunus akhirnya pergi meninggalkan mereka dalam keadaan marah, seraya mengancam mereka bahwa dalam waktu tiga hari lagi akan datang azab dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

BACA JUGA :   Doa Saat Menjalankan Ibadah Haji, Amalkan dan Hafalkan

Suatu hari setelah meninggalkan penduduk Nainawi, Nabi Yunus Alaihissallam menaiki perahu bersama suatu kaum. Di tengah lautan yang sangat luas dan dalam, tiba-tiba perahunya oleng, mereka merasa takut akan tenggelam karena keberatan penumpang.

Kemudian di adakan undian untuk menentukan siapa yang bakal di lemparkan ke dalam laut untuk meringankan beban muatan perahu. Ternyata undian jatuh ke tangan Nabi Yunus Alaihissallam hingga tiga kali.

Maka Nabi Yunus Alaihissallam melucuti pakaiannya dan menceburkan diri ke dalam laut. Saat itu Allah Subhanahu wa ta’ala telah memerintahkan ikan paus dari laut hijau membelah lautan dan sampai di tempat Nabi Yunus, lalu menelannya menceburkan diri ke laut.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI