Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S ) SD Kecamatan Salomekko Gelar Bimtek

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S ) SD Kecamatan Salomekko Gelar Bimtek
Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S ) SD Kecamatan Salomekko Gelar Bimtek

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S ) SD Kecamatan Salomekko, mengadakan Bimtek perencanaan berbasis data dan instrumen supervisi akademik, Senin (12/9/2022).

Bimtek ini diikuti semua Kepala SD dan operator Sekolah se Kecamatan Salomekko.

Dalam Kegiatan ini yang menjadi narasumber adalah Pengawas SD Kab.Bone , Andi Ikbal ,S.Pd.,M.Pd.

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S ) SD Kecamatan Salomekko Gelar Bimtek

Dalam paparannya ,A.IKBAL,S.Pd.,M.Pd menjelaskan langkah langkah Perencanaan Berbasis Data sebagai berikut :

1. Identifikasi

Tahapan awal adalah proses identifikasi. Di sini, satuan pendidikan dapat memilih dan menetapkan masalah yang sedang dihadapi. Permasalahan yang dihadapi bisa diketahui dengan mengunduh data dari Rapor Pendidikan. Data tersebut merujuk kepada daftar indikator prioritas. Indikator tersebut nantinya akan ditetapkan sebagai masalah yang akan diintervensi.

BACA JUGA :   Siswa Sekolah Alam Bosowa Lakukan Outing Class

2. Refleksi

Kepala sekolah dan pemangku kepentingan di sekolah selanjutnya perlu melakukan refleksi diri untuk menemukan akar permasalahan dari tantangan yang dihadapi. Dari masalah yang akan diintervensi, dilakukan analisis untuk mencari akar masalah.

3. Benahi

Setelah akar masalah ditemukan, tahapan berikutnya adalah benahi. Di tahap ini akan disusun rencana pembuatan kegiatan dan juga program yang akan dijalankan untuk mengatasi akar permasalahan tersebut. Hal yang terpenting di tahap ini adalah keterlibatan pemangku kepentingan secara aktif dalam proses perencanaan.

4. Memasukkan ke dalam dokumen RKAS

Program dan kegiatan yang telah disusun selanjutnya dimasukkan ke dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Selain itu, sekolah juga perlu menetapkan barang dan jasa yang akan dibelanjakan untuk mendukung terlaksananya program dan kegiatan tersebut. Jika sudah, barulah daftar kegiatan anggaran akan dimasukkan ke dalam Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

BACA JUGA :   Keseruan Literasi Menulis Anak di SDN 35 Pao-Pao

5. Pelaksanaan dan Monev.

Nantinya kepala sekolah dan pemangku kepentingan di sekolah melaksanakan sekaligus memantau jalannya program dan kegiatan yang sudah direncanakan. Keterlaksanaan kegiatan dan perubahan capaian di Rapor Pendidikan di tahun berikutnya dapat menjadi evaluasi untuk perencanaan ke depannya nanti.

Dalam Bimtek tersebut juga disampaikan instrumen yang akan digunakan dalam supervisi akademik.

Bimtek ini sangat diminati dan pesertanya antusias melaksanakan kegiatan.

Reporter A.Abdul Haris/A.Rudianto