Kendalikan Robot Melalui HP, Poltekbos Gelar Pelatihan Robotika

Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Pelatihan Robotika Berbasis Android di SMKN 1 Gowa, Rabu, 8 Maret 2023.

Pelatihan menitikberatkan pada sistem pengontrolan jarak jauh menggunakan arduino dan komunikasi bluetooth.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada para siswa tentang bagaimana merakit robot dengan cara yang sederhana dan diikuti sebanyak 40 peserta.

- Iklan -

Siswa dilatih bagaimana membuat sistem komunikasi dalam mengendalikan robot menggunakan aplikasi Android melalui handphone dengan aplikasi APP Inventor.

Selanjutnya, membuat user interface dimana mereka diajarkan membuat tampilan tombol kontrol yang nantinya akan dihubungkan dengan robot yang telah tersedia.

Baca Juga:  Tiga Paper dari IAIN Bone Siap Dipresentasikan dalam AICIS 2024

Pembuatan robotika meliputi hardware badan robot, software pengendalian pergerakan robot dan proses komunikasi untuk pengendalian robot jarak jauh menggunakan wireless serta aplikasi IoT.

- Iklan -

Sesi selanjutnya, siswa diarahkan untuk menjalankan program aplikasi yang telah dibuat untuk dihubungkan ke robot yang tersedia.

Sehingga robot yang telah terkoneksi dapat dikendalikan melalui tombol navigasi pada handphone.

Ketua Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa, Andi Fitriati memaparkan melalui kegiatan ini akan semakin banyak masyarakat yang paham akan teknologi robot dan tidak asing lagi terhadap keberadaan robot, serta dapat tertarik untuk menekuni lebih lanjut.

- Iklan -
Baca Juga:  Stand IAIN Bone Tarik Perhatian Pengunjung di Expo AICIS 2024

“Kita harap pelatihan dapat memicu semangat siswa penerus generasi Indonesia agar dapat berpartisipasi dalam mengembangkan dan menjadi pembuat Robot Cerdas yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” paparnya.

Tak hanya itu saja, antusias peserta sangat tinggi saat mengaplikasikan program robotika.

Dosen Teknik Mekatronika Poltekbos, Fauziah mengatakan belajar robotika dapat mempersiapkan anak untuk menjadi tenaga kerja yang kompetitif di masa depan.

“Robotika memungkinkan anak-anak untuk bekerja pada keterampilan hidup dan keterampilan sosial mereka serta akan membantu anak untuk lebih menonjol dari orang lain di masa depan,” pungkasnya.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU