Kepopuleran BTS Memberikan Dampak Baik Terhadap Ekonomi Korsel

FAJAR Pendidikan

BTS menjadi group idol dengan prestasi yang besar dan telah dikenal hampir di seluruh penjuru dunia. Pencapaian BTS berdampak bagi perkembangan ekonomi negara asalnya, Korea Selatan. Melansir dari Medium, BTS berkontribusi sebesar US$1,5 miliar bagi negara ginseng tersebut, serta diprediksi terus berkembang ke depannya baik bagi negara asal maupun seluruh dunia.

Industri kreatif menyelamatkan Korsel

Kita semua setuju kalau K-pop serta semua bentuk hallyu wave bukanlah hal baru, apalagi di dunia industri kreatif. Pada akhir tahun 2000-an jauh sebelum BTS debut, udah banyak boyband dan girlband Korsel pelan-pelan buka jalur buat popularitas industri kreatif Korsel.

Selama setengah abad terakhir, Korea Selatan udah ngelakuin transformasi ekonomi yang tadinya dianggap mustahil sama banyak orang. Tapi cuma dalam 50 tahun, Korsel berubah dari negara yang dulu dilanda perang dan kemiskinan, jadi negara ekonomi berteknologi tinggi kelas dunia yang dikenal dengan brand-brand elektronik terbesar di dunia.

BACA JUGA :   Spesifikasi Lengkap Xiaomi Poco X4 GT Dibekali Baterai Berkapasitas Besar

Yayasan Pertukaran Budaya Internasional Korea memperkirakan bahwa, sejumlah 800.000 wisatawan mengunjungi Korea Selatan setiap tahunnya karena BTS. Laporan yang berhubungan juga menunjukkan bahwa BTS menggandeng sejumlah 7,6% dari keseluruhan turis yang mengunjungi Korea Selatan. Pada tahun 2017 contohnya, satu dari 13 turis berkunjung ke Korea Selatan demi keperluan yang berkaitan dengan BTS.

Survei terkait tempat paling populer di Korea Selatan juga dilaksanakan, di mana hasilnya menunjukkan bahwa lima lokasi teratas yang paling populer adalah yang berhubungan dengan BTS. Pemerintah Metropolitan Seoul pun menekankan bahwa, jarang sekali sebuah kelompok atau individu berdampak begitu besarnya pada industri pariwisata suatu negara. Sehingga, fenomena ini menunjukkan seberapa besar kontribusi BTS terhadap industri pariwisata Korea Selatan.

Kontribusi BTS Terhadap Perekonomian Korea Selatan

BTS berkontribusi sejumlah US$1,1 miliar, 1,7% dari total ekspor barang konsumsi Korea (U$65,2 miliar) pada tahun 2017. Setiap 1% peningkatan volume pencarian BTS secara online, ekspor pakaian Korea juga meningkat sebesar 0.18%, diikuti peningkatan kosmetik sebesar 0.72%, dan makanan sebesar 0.45%. Menurut Data International Trade Center dan Laporan Ekspor Top Dunia, barang-barang ekspor seperti kosmetik, makanan, pakaian dianggap sebagai ekspor terpenting dari Korea Selatan.

BACA JUGA :   Kumpulan Kode Promo Gojek, GoRide, GoCar, GoFood, GoSend Juli 2022 Dapatkan Cash Back, Bonus & Diskon Terbaru

Menyusul pencapaian konser BTS 5th Muster [Magic Shop] di Busan dan Seoul, konser tersebut masing-masing menyumbang 1,6% dan 0,9% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) kedua kota. Selain itu, rekor terbaru BTS sebagai grup pertama yang berhasil menyabet peringkat pertama di Billboard Top 100 pada tahun 2020, juga menunjukkan sebuah pencapaian penting. Pencapaian ini secara keseluruhan mampu meningkatkan ekspor makanan dan pakaian sebesar US$312 juta, dan menciptakan 8.000 lapangan pekerjaan di Korea Selatan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI