Kamis, Juni 24, 2021

Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias yang Mudah Dipelihara

FAJARPENDIDIKAN.co.id– Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang dapat dengan mudah menemui ikan cupang. Bahkan ikan cupang banyak yang tinggal di parit atau irigasi sawah. Namun tak semuanya menjadi favorit banyak orang.

Secara teknis, ikan cupang berasal dari spesies yang sama, tapi ada banyak variasi dalam bentuk ikan cupang, baik itu dari bentuk dan ukuran ekor, sirip, warna serta pola sisik di tubuh, dan lainnya. Karenanya, kenali jenis-jenis ikan cupang hias yang berpenampilan menarik yang cocok dipelihara.

Meski jenis atau nama ikan cupang beragam, mereka memiliki satu sifat dasar yakni agresif. Agresivitas ini berkaitan dengan naluri mereka menjaga teritorinya. Sedikit saja ada gangguan atau makhluk asing di wilayahnya, cupang langsung menyergap sang pengganggu.

Selain itu, cara membedakan ikan cupang jantan dan betina juga cukup mudah. Cupang jantan cenderung lebih agresif daripada betina. Jika cupang jantan dan betina disatukan, biasanya sang jantan yang akan mencari keributan terlebih dulu, baru sang betina beraksi.

Karena sifat alaminya tersebut, disarankan untuk tidak mencampurkan ikan cupang, sekalipun cupang jantan dan betina kecuali untuk kawin. Selain itu, cupang betina juga berbahaya setelah proses kawin, sebab mereka kerap memakan telur yang telah mereka keluarkan.

Cupang jantan dengan cupang jantan juga tidak boleh disatukan dalam satu wadah yang sama. Pertempuran cupang jantan dengan cupang jantan biasanya akan lebih dahsyat hingga memakan nyawa salah satu dari mereka.

Meski terkenal garang, ikan cupang juga terkenal dengan keindahannya. Sirip dan warna tubuh yang mereka miliki warna-warni sehingga dikategorikan sebagai salah satu ikan hias populer untuk dipelihara. Berikut adalah jenis-jenis ikan cupang hias.

1. Half Moon

Ikan cupang hias jenis ini dibagi lagi dalam dua bentuk yang dikategorikan berdasarkan lebar siripnya. Pertama ada The caudal fin of a half moon betta fish.

Sesuai dengan namanya sirip ikan ini berbentuk setengah bulan, orang-orang juga biasa mengenalinya setengah lingkaran atau 180 derajat penuh atau seperti bentuk huruf D kapital.

Baik sirip punggung dan sirip dubur juga lebih besar dari rata-rata dalam ikan cupang jenis half moon.

Selanjutnya Ikan cupang the over Half Moon yang merupakan versi ekstrem dari ikan jenis ini. Ekor yang dimiliki sama dengan versi The caudal fin of a half moon betta fish, kecuali penyebarannya. Jika ekor the caudal memiliki ekor 180 derajat maka the over punya ekor yang melingkar lebih dari 180 derajat.

2. Plakat

Ikan cupang plakat, atau PK untuk pendek, adalah varietas berekor pendek, yang lebih terkait dengan betta splendens yang ditemukan di alam daripada varietas lainnya.

Biasanya orang awam akan kesulitan membedakan pejantan dan betina ikan cupang jenis ini, sebab ikan cupang betina memiliki ekor yang lebih pendek dari pejantan.

Namun pada cupang plakat, perbedaan jenis kelamin itu terletak pada sirip di bagian perut. Pejantan akan memiliki sirip pada bagian perut lebih panjang dari betina.

Plakat umumnya hanya memiliki ekor bulat pendek atau sedikit runcing. Namun dalam perkembangannya, sekarang ada dua jenis plakat lain akibat pembiakan selektif, yaitu plakat half moon dan plakat crown tail.

3. Crown Tail

Crown tail atau cupang ekor mahkota pertama kali diperkenalkan tahun 1997 di Slipi, Jakarta Barat. Jenis ikan hias cupang satu ini paling mudah dikenali sebab ekor yang dimiliki sangat berbeda dari ikan cupang lainnya, yakni ujung ekornya berbentuk runcing bak mahkota.

Kehadiran cupang jenis crown tail diperkirakan hasil dari silang kawin antara cupang yang sudah dilakukan persilangan sebelumnya dengan cupang lain lagi.

Ikan cupang Crown Tail memiliki penyebaran sirip 180 derajat penuh. Istilah crown tail biasa disingkat juga menjadi CT oleh orang-orang penggemar cupang.

4. Double Tail

Sama seperti namanya, ikan ini memiliki sirip ekor ganda. bukan hanya sirip ekor tunggal yang terbelah dua, tetapi ekor ganda yang benar terdiri atas dua bilah ekor.

Beberapa dari double tail bahkan tidak memiliki sirip ekor. Selain itu jenis double tail cenderung memiliki tubuh yang lebih pendek. Kemudian sirip punggung dan sirip dubur lebih luas, yang biasanya mirip satu sama lain.

5. Slayer

Ikan cupang Slayer adalah hasil perkawinan silang ikan cupang Half moon dan Serit. Jenisnya cukup marak dijual di banyak pasar ikan dan merupakan salah satu favorit banyak orang.

Ciri khasnya adalah siripnya yang lebih lebar dan besar dari pada seluruh badannya. Selain itu ikan cupang slayer dikaruniai warna-warna terang seperti oranye, kuning, merah, hijau, dan beberapa warna terang lain.

Itulah jenis-jenis ikan cupang hias yang bisa ditemui di Indonesia. Harganya beragam, dari rentang Rp100 ribu sampai Rp500 ribu.

.

Kecelakaan Tunggal Mobil Menabrak Pohon, Korban Dilarikan di RS Terdekat

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kecelakaan tunggal mobill avanza warna hitam menabrak pohon hingga terjatuh ke sisi kanan jalan dan akibat kejadian itu membuat warga berkerumun, sementara...

Grand Opening Dealer MG Pettarani Makassar, Kenalkan Mobil Terbaru MG HS Magnify i-SMART

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Morris Garages (MG) kerja sama dengan PT Sinar Galesong Pratama launching opening dealer MG Pettarani sekaligus kenalkan mobil terbaru MG HS Magnify...

Jelang Hari Bhayangkara ke-75, Kapolres Bone Prakarsai Renovasi Makam Raja

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Makam merupakan jejak kehadiran seseorang dimasa lampau, termasuk makam Raja yang layak dikenang atas jasa dan perjuangan mempertahankan eksitensi suatu wilayah kekuasaannya. Jelang...

Terungkap! Fakta Kasus Mayat Terbakar di Maros, Ternyata korban Pembunuhan dan Pelakunya 9 Orang

Maros, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menggelar Press Konference terkait pengungkapan kasus penemuan mayat terbakar di Kampung Tompo Ladang, Desa Padaelo kec. Mallawa,...

Polsek Tempe Bersama Disperindakop dan UMK Kab. Wajo Melakukan Pemantauan Di Pasar Mini Tokampu

Sengkang, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Polsek Tempe bersama Disperindakop dan UMK Kab.Wajo melakukan pemantauan dan Koordinasi di Pasar Mini tokampu, Kel. Siengkang Kec. Tempe Kab.Wajo,...

Bupati Barru Serahkan Dua Ranperda ke DPRD

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bupati Barru Suardi Saleh menyerahkan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada DPRD Barru dalam rapat paripurna yang berlangsung di gedung DPRD...

.

.

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

.

UINAM Gelar PKTI Sesuai Keilmuan Jurnalistik

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Universitas Alauddin Makassar (UINAM) gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) bertajuk “Menulis Kritis dan Ilmiah” dalam keilmuan jurnalistik yang dilaksanakan di Gedung...

UNM Lakukan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kampus V Parepare

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penandatanganan kontrak pembangunan Gedung Kampus V Parepare dengan PT Bumi Permata Kendari. PT Bumi Permata Kendari merupakan perusahaan...

Tim Pulau DPK Sulsel Lakukan Pembinaan Perpustakaan di Barrang Lompo

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Persoalan perpustakaan yang berkaitan dengan koleksi, serta sarana dan prasarana, merupakan beberapa masalah yang ditemukan Tim PULAu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK)...

Cegah Devisit Guru Besar, UIN Alauddin Gelar FGD Akselerasi Guru Besar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - UIN Alauddin Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi Guru Besar, Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk luring dan daring. Untuk luring, dilaksanakan di Ruang...

Prodi HI UINAM Gelar Webinar Gaet Kemenkopolhukam, Ciptakan SDM Unggul

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Program Studi Hubungan Internasional (HI) UIN Alauddin Makassar (UINAM)bersama Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Kemenkopolhukam) menggelar Webinar dan Kuliah Tamu, berlangsung...

.