Kisi-kisi ANBK 2021, Khusus Untuk SD ya

Berikut Kisi-kisi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia telah menentapkan ANBK sebagai program penilaian siswa.

ANBK sendiri merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, dan merupakan evaluasi program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

- Iklan -

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

– Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

a. Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengembangkan, mengevaluasi berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

- Iklan -

b. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Baca Juga:  Apa itu Sistem Rangka Manusia, Fungsi dan Bagian-Bagiannya?

– Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

– Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

- Iklan -

Bentuk soal Asesmen Nasional

  1. Pilihan ganda
  2. Pilihan Ganda Kompleks
  3. Menjodohkan
  4. Isian singkat
  5. Uraian

Kisi-kisi ANBK SD

Kelas 1 dan Kelas 2

A. Numerasi

Bilangan

1. Representasi

  • Memahami bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal)
  • Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5). (2 Soal)
  • Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan. (2 Soal)

2. Sifat Urutan

  • Membandingkan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal)

3. Operasi

  • Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (2 Soal)
  • Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10. (Setara dengan skip counting.) (2 Soal)

Geometri dan Pengukuran

1. Bangun Geometri

  • Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran. (5 Soal)
  • Mengenal balok dan kubus. (3 Soal)
Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Hal 84, 85, 89, dan 90: Perilaku Pengamalan Sila Pertama Pancasila

2. Pengukuran

  • Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter). (4 Soal)

 C. Aljabar

1. Persamaan dan Pertaksamaan

  • Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (6 Soal)

2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan) Mengenali pola gambar atau objek. (3 Soal).

B. Literasi Teks Fiksi

Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (7 Soal)

Memahami

1. Memahami teks secara literal

  • Daftar kejadian yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (3 Soal)

2. inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai dengan jenjangnya. (4 Soal)
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal).
    - Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU